Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 23 Mar 2018 15:06 WIB

Charles Lazarus Pendiri Toys "R" US Tutup Usia

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: toys r us Foto: toys 'r' us
Jakarta - Pendiri toko mainan Toys "R" Us Charles Lazarus tutup usia. Lazarus meninggal pada Kamis (22/3/2018) di usia 94 tahun. Kepergiannya bertepatan satu minggu setelah perusahaanya berhenti beroperasi AS.

Demikian dikutip detikFinance dari CNN Money, Jumat (23/8/2018).

Lazarus mendirikan perusahaan ini 70 tahun lalu saat ia berusia 25 tahun. Saat itu dia memprediksi akan terjadi baby boom paska perang. Lazarus menilai ini akan menciptakan permintaan perlengkapan dan mainan anak dalam jumlah besar.

Pada 1957 Lazarus membuka Toys "R" Us berkonsep supermarket, yakni dengan berbagai macam mainan yang tersusun rapi di rak. Pada 1978 perusahaan ini mulai go public dan tumbuh pesat di tahun-tahun berikutnya.



Namun, persaingan bisnis mainan semakin ketat akibat munculnya toko-toko ritel seperti Walmari, ini membuat perkembangan Toys "R" Us semakin berat.

Pada 2005 status surat utang Toys "R" Us masuk dalam obligasi sampah. Kemudian pada setahun kemudian perusahaan tersebut dijual senilai US$ 6,6 miliar kepada perusahaan ekuitas swasta Bain Capital.

CEO Toys "R" Us Michael Goldstein mengungkapkan Lazarus adalah "bapak" dari mainan anak.

"Dia adalah orang yang menyukai mainan dan anak anak. Wajahnya selalu berseri ketika melihat anak-anak bermain dengan mainan produksinya," kata Goldstein.

Dia menjelaskan beberapa waktu terakhir Lazarus mengalami kejadian sedih karena masalah yang menimpa Toys "R" Us.

"Dia (Lazarus) mengunjungi kami di New Jersey tahun lalu. Kami selalu mendoakan Lazarus," imbuh dia.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed