Begini Kondisi Pengalihan Transaksi Gerbang Tol Kayu Besar

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Sabtu, 24 Mar 2018 10:52 WIB
Foto: Puti Aini Yasmin
Jakarta - Badan Pengatur Jalan Tol (BPTJ) berencana melakukan integrasi Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR). Untuk tahap awalnya, langkah yang dilakukan ialah dengan pengalihan transaksi di Gerbang Tol (GT) Kayu Besar.

Pengalihan tersebut diterapkan ke GT Kamal 1, Kamal 3 dan Kamal Utama. Pasalnya selama ini, GT Kayu Besar menampung tiga arah, yaitu arah Cengkareng, Prof Dr Ir Soedijatmo dan Pantai Indah Kapuk (PIK).

Berdasarkan pantauan detikFinance dari GT Kamal 1, pengalihan transaksi tersebut telah dilaksanakan sejak pukul 06.00 WIB, Sabtu ini. Dalam pengalihan pertama ini, tampak tidak tidak ada antrean panjang yang terjadi di lokasi gerbang tol.

Di lokasi itu GT itu juga sudah terpasang spanduk informasi untuk pengendara yang melintas, terkait pemberitahuan pengalihan transaksi tersebut.

"Mulai 24 Maret Pukul 06.00 WIB Akan Dilakukan Penggabungan Transaksi JORR W1 dan Prof Dr Ir Soedijatmo pada GT Kamal 1 dan GT Kamal 3," tulis informasi tersebut di GT Kamal 1, seperti dilihat detikFinance, Sabtu (24/3/2018).

Sementara itu, AVP Corporate Communications PT Jasa Marga Heru Santoso menjelaskan per 24 Maret pukul 06.00 WIB ini telah dilakukan pengalihan tarif. Artinya, seluruh tarif tersebut menjadi disatukan.

"Mulai hari ini jam 6 pagi tidak ada transaksi di Tol Kayu Besar. Pembayaran digabungkan. Misalnya saja dari arah Cengkareng saja di Kamal 3 bayar Rp 7.000 lalu di Kayu Besar bayar lagi Rp 9.500 sekarang di Kamal 3 saja bayar Rp 16.500," jelasnya.

Dengan adanya pengalihan transaksi ini diharapkan dapat membantu lalu lintas menjadi lebih efisien dan efektif. (fdl/fdl)