Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 27 Mar 2018 10:48 WIB

Jokowi Bicara Teknologi, Elon Musk hingga Robot di Depan CPNS

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Jokowi beri arahan ke CPNS (Dika-detikcom) Foto: Jokowi beri arahan ke CPNS (Dika-detikcom)
Jakarta - Industri generasi ke-4 atau revolusi industri 4.0 menjadi salah satu fokus pemerintah. Saat ini, pemerintah sedang menyiapkan berbagai sumber daya yang dapat menunjang industri maju, khususnya di bidang teknologi digital.

Demikian disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan arahan kepada ribuan calon pegawai negeri sipil (CPNS) hasil seleksi tahun 2017 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (27/3/2018).

Dalam kesempatan itu Jokowi menjelaskan bahwa saat ini dunia mengalami perubahan yang sangat cepat. Dalam perubahan itu, Indonesia juga harus bisa mengimbanginya agar tak tertinggal dengan negara-negara lain.


"Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang sangat cepat, perubahannya saudara tahu. Elon Musk yang menciptakan Hyperloop, Tesla, ini perubahan yang harus kita hadapi dan ketahui. Baru satu teknologi yang kita pelajari dalam waktu singkat muncul teknologi baru," kata Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi mengatakan saat ini Indonesia juga menghadapi revolusi industri 4.0, di mana akan banyak perubahan yang terjadi ke depannya. Sumber daya manusia (SDM) nantinya harus bersaing dengan teknologi maupun mesin yang sedang berkembang.


"Revolusi industri 4.0 yang antara lain mengembangkan otomasi, artificial intellegence, advance robotic, yang membawa perubahan besar dalam tatanan dunia ini harus kita sadari dan pahami bersama. Karena perubahan teknologi tersebut akan memunculkan tantangan baru. Sosial dunia akan berubah dengan interaksi digital yang dominan, landscape politik pun akan berubah dengan berkembangnya sosmed dan semakin aktifinya netizen," kata dia.

Untuk itu, kata Jokowi, para CPNS baru ini diharapkan dapat memiliki kemampuan untuk menunjang kinerja pemerintah dalam menghadapi industri 4.0. Dirinya ingin, agar CPNS yang ada di hadapannya itu bisa menjadi motor birokrasi pemerintah dengan kualitas yang mumpuni.

"Untuk itu, saya harap saudara bisa beradaptasi dengan dunia yang sangat dinamis. Saya menaruh harapan yang besar pada saudara birokrat muda, saya meyakini saudara akan jadi motor kemajuan Indonesia di masa yang akan datang. Kita harus meyakini semua, dan saya meyakini InsyaAllah Indonesia akan jadi negara maju, jika memiliki birokrat yang tangguh dan mau bekerja keras. Jika birokrat kita selalu berani melakukan inovasi," tutur Jokowi. (fdl/zul)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com