Follow detikFinance
Rabu, 28 Mar 2018 12:51 WIB

Lapor SPT, JK: Kalau di Makassar Pajak Saya Nomor 1

Noval Dhwinuari Antony - detikFinance
Foto: Noval D Anthony Foto: Noval D Anthony
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla melaporkan surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajak ke Direktorat Jenderal Pajak. JK melaporkan SPT di kantornya.

"Sudah kirim SPT. Saya itu basisnya di Makassar, saya punya pajak bayar di Makassar, tapi karena tidak sempat ke Makassar maka diadakan di sini (kantor Wapres)," ujar JK di kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (28/3/2018).

JK mengatakan seluruh pajaknya sudah dibayarkan. Meski awalnya ada yang kurang, namun seluruh pajaknya sudah terbayarkan.

"Ada kurang bayar, tapi sudah dibayar. Kalau di Makassar saya selalu nomor 1," katanya.



JK menyebut nilai pajaknya terbesar kalau di Makassar. "Kalau di Makassar (nomor 1), selalu, perusahaan, pribadi," tuturnya.

JK mengimbau masyarakat untuk segera melaporkan SPTnya. Saat ini melaporkan SPT sudah mudah dengan sistem yang ada.

"Sistem sekarang sangat mudah semua, online bisa. Karena itu masyarakat yang belum ini tinggal berapa hari ini, 2 hari lagi segera (laporkan). Isinya tidak perlu ke kantor pajak, di rumah, kantor bisa. Semua lebih gampang, tidak perlu antre," ucapnya.


Sementara itu Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Robert Pakpahan menyebut hingga hari ini sudah ada 8,7 juta SPT yang masuk ke kantor pajak. Jumlah tersebut meningkat 13 persen dari tahun kemarin.

"Hari ini kami dengan Pak Wapres menyampaikan SPT. Tadi sudah ada tanda terima elektronik per tanggal 28 Maret 2018. Per tadi pagi sudah 8,7 juta SPT yang masuk ke kantor pajak, meningkat 13 persen dari SPT tahun lalu," tutur Robert.

"Jadi kesadaran masyarakat meningkat, kita harapkan overall tahun ini meningkat. Kepatuhan melaporkan SPT sampai 80 persen. 80 persen ini keseluruhan perorangan dan PPH/badan," imbuhnya. (nvl/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed