Kantor Pajak Kebanjiran Cetak Ulang EFIN

Hendra Kusuma - detikFinance
Kamis, 29 Mar 2018 15:46 WIB
Foto: Hendra Kusuma
Jakarta - Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jakarta Setiabudi Satu sedari pukul 12.00 WIB sudah dipenuhi oleh masyarakat yang ingin melaporkan surat pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak periode 2017.

Para wajib pajak yang datang pun kebanyakan para karyawan yang bekerja di sekitaran Jalan Rasuna Said, Kuningan Jakarta Selatan. Pantauan detikFinance di lokasi, hingga pukul 15.00 WIB, jumlah antrean yang ingin mencetak ulang efin sudah mencapai 799.

Salah seorang wajib pajak yang ada di lokasi bernama Adriansyah Rusman mengaku kedatangannya ke kantor pajak untuk mencetak ulang EFIN karena pada periode sebelumnya tidak melaporkan SPT.

"2016 sempat nggak lapor karena saya belum kerja, baru kerja 2017 otomatis saya melaporkan," kata salah satu pegawai bank swasta yang berada di kawasan Kuningan ini, Kamis (29/3/2018).

EFIN atau elektronik filing identification number adalah identitas yang diterbitkan oleh Ditjen Pajak untuk wajib pajak yang ingin melapor SPT secara online.

Antren EFIN di KPP Setiabudi IAntren EFIN di KPP Setiabudi I Foto: Hendra Kusuma




Usai mendapatkan EFIN, Adriansyah juga memilih untuk melaporkan SPT secara online di KPP karena mendapat panduan dari petugas yang berjaga.

"Kalau saya sih takut bermasalah kalau di HP, takut nggak ke-submit, kalau ke kantor lebih nyaman dipandu," jelas dia.

Sementara itu, Kukuhono salah satu pekerja konstruksi di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan mengaku hanya mencetak ulang EFIN. Namun, dirinya memilih untuk melaporkan sendiri melalui telepon pintarnya.

"Kalau saya pribadi cetak ulang EFIN karena lupa password, tapi saya sudah lapor sendiri pakai HP," kata Kukuh.

Dia mengaku memilih untuk melapor secara pribadi karena cara pelaporannya yang mudah.

"Karena saya sudah ngerti, kalau dulu pertama 2016 isi di kantor pajak, diajarin petugas, mana saja yang diisi, makanya sekarang langsung diisi sendiri," jelas dia.

(eds/eds)