Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 02 Apr 2018 12:42 WIB

Vladimir Putin Sebenarnya Orang Terkaya di Dunia?

Zulfi Suhendra - detikFinance
Vladimir Putin/Foto: Sputnik/Alexei Druzhinin/Kremlin via REUTERS Vladimir Putin/Foto: Sputnik/Alexei Druzhinin/Kremlin via REUTERS
Jakarta - Presiden Rusia Vladimir Putin selama ini dikenal presiden yang sederhana. Tapi tak banyak yang tahu, Putin juga bisa jadi orang paling kaya di dunia.

Putin menyampaikan deklarasi pendapatan resmi sebelum pemilihan umum kemarin bahwa dia punya apartemen di St Petersburg seluas 800 kaki, 2 mobil antik era Soviet, truk dan mobil gandeng.

Dia berpenghasilan 38,5 juta ruble atau sekitar US$ 676 ribu dalam 6 tahun terakhir untuk gaji presiden, pensiun militer dan tabungan. Dia juga punya US$ 243 ribu yang tersebar di 13 rekening bank.

Sejumlah kritikus menilai besaran harta yang dilaporkan Putin tersebut kecil.


"Angka tersebut terlihat sangat kecil, mengingat posisinya," kata Jason Bush, analis senior di Eurasia Group dilansir CNN Money dikutip detikFinance, Senin (2/4/2018).

Lembaga transparansi internasional Rusia, The Russian branch Transparency International mengatakan, tak ada bukti jika deklarasi Putin tersebut tidak lengkap atau tidak bisa dipercaya.

Kritikus, rival politik dan investigator independen menuduh Putin punya kekayaan yang besar namun tersembunyi karena disimpan di kertas oleh anggota keluarga dan orang dekat Putin.

"Putin sangat mencurigakan dan dia punya keahlian menyembunyikan sesuatu, jika rumor itu benar," kata Bush.


Juru bicara Putin berkali-kali membantah anggapan bahwa Putin menyembunyikan kekayaan.

Memang isu ini tetap menjadi misteri, dan detailnya sulit untuk dikonfirmasi. Namun kritikus tetap percaya bahwa selama 18 tahun menjabat presiden, Putin sudah menghasilkan kekayaan yang signifikan.

Bill Bowder, investor Rusia salah satu kritikus sadis bagi Putin, yang juga diusir dari Rusia memperkirakan Putin punya harta kekayaan hingga US$ 200 miliar. Jika benar, harta ini jauh melebihi harta orang terkaya dunia menurut Forbes, Jeff Bezos yang mencapai US$ 120 miliar.

"Koleksi jam tangan Putin yang terlihat saja harganya berkali-kali lipat gaji resminya," kata pria yang juga pegiat anti korupsi ini.

"Kekayaan itu datang sebagai akibat dari pemerasan dan pencurian besar-besaran dari dana negara," imbuhnya.

Laporan yang dibuat oleh pihak oposisi pada 2012, termasuk Boris Nemstov menduga Putin adalah penerima keuntungan tertinggi dari aset yang dipegang oleh orang-orang kaya di lingkaran dalamnya. Nemtsov ditembak dan dibunuh di sebuah jembatan dekat Kremlin pada Februari 2015, meskipun orang-orang Chechen disalahkan atas pembunuhan itu.


Konsorsium internasional jurnalis investigasi menduga bahwa orang-orang di lingkungan Putin melindungi kekayaan 'sebenarnya' dari publik. Koran Novaya Gazeta dan Proyek Laporan Korupsi dan Kejahatan yang Terorganisir juga menyimpulkan hal yang sama.

Bush mengatakan, kekayaan Putin yang disembunyikan jika diakumulasi pun tidak akan tercantum nama Putin, dan akan didasarkan pada nama kepemilikan informal.

"Tidak akan ada sertifikat saham atas nama Putin, atau rekening yang terhubung pada dia," kata Bush. (/)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed