Follow detikFinance
Kamis, 05 Apr 2018 14:00 WIB

Dwell Time Belum Efektif, Menhub Cek ke Tanjung Priok

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Puti Aini Yasmin/detikFinance Foto: Puti Aini Yasmin/detikFinance
Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menggelar rapat dengan PT Jakarta International Container Terminal (JICT). Pihaknya membahas waktu bongkar muat hingga keluar pelabuhan (dwell time).

Dipantau detikFinance, Budi sampai di kantor JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (5/4/2018) pada pukul 13.00 WIB. Ia didampingi oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut (Hubla) Agus Purnomo.

Selain itu, rapat tersebut juga dihadiri perwakilan Ditjen Bea Cukai Kementerian Keuangan, Balai Besar Karantina Pertanian Tanjung Priok. Hadir pula pada para importir.


"Peserta akan kita minta masukan dari pemilik barang dan berkaitan dengan apa yang disampaikan dan juga berkaitan belum efektifnya dwell time sebagai waktu efisiensi pilihan pindah ke tempat penumpukan atau langsung," kata Budi.

Sementara itu, sebelumnya pihaknya telah melakukan simulasi terhadap dampak penurunan waktu bongkar muat hingga keluar pelabuhan (dwell time). Hasilnya, penurunan angka dwell time belum mampu menekan biaya logistik.


Dwell time di Pelabuhan Tanjung Priok rata-rata 3 hari. Lamanya proses dwell pernah dikeluhkan Presiden Joko Widodo (Jokowi), di mana dwell time di Priok pernah mencapai 6-7 hari. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed