Follow detikFinance
Kamis, 05 Apr 2018 18:04 WIB

Menhub Sebut Kereta MRT Bakal Diuji Coba Bulan Ini

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Kereta MRT tiba di Pelabuhan Tanjung Priok (Foto: Agung Pambudhy) Kereta MRT tiba di Pelabuhan Tanjung Priok (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Gerbong kereta mass rapid transit (MRT) telah sampai di Jakarta. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan uji coba akan dilaksanakan pada bulan ini.

Budi menjelaskan uji coba tersebut akan terdiri dari beberapa tes mulai dari tes static, dinamis dan real. Dengan begitu, ia berharap kereta dapat dioperasikan sesuai jadwal.

"Kita rencanakan bulan April ini mulai static tes dan kita rencanakan tes di rel yang sebenarnya itu pada Oktober. Sehingga kita harapkan pada Maret 2019 ini bisa beroperasi," katanya di Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (5/4/2018).


Lebih lanjut, ia memaparkan tes statis merupakan uji coba yang dilakukan di tempat. Kemudian tes dinamis yang bergerak namun tidak di atas rel dan uji langsung atau real yang dilakukan langsung di atas rel.

Untuk tes real tersebut akan dilakukan apda bulan Oktober. Uji coba tersebut akan dilaksanakan dari stasiun Lebak Bulus hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI).

"Statis itu April ini, dinamis yaitu bergerak tapi tidak di rel itu Agustus, rel tes itu Oktober. Nanti Oktober dari ujung ke ujung, Lebak Bulus sampai ke HI. Beberapa bulan tes, baru Maret 2019 beroperasi," ungkapnya.



[Gambas:Video 20detik]

(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed