Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 07 Apr 2018 15:32 WIB

Dulu Rp 300-400 Ribu, Driver Ojol: Sekarang Rp 150 Ribu Berat

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Cici Marlina Rahayu/detikcom Foto: Cici Marlina Rahayu/detikcom
FOKUS BERITA Tarif Baru Ojek Online
Jakarta - Pengemudi atau driver ojek online (ojol) menyambut positif rencana kenaikan tarif angkut penumpang. Sebab, saat ini tarif yang ditetapkan pihak aplikator dinilai cukup rendah.

Salah seorang driver ojol dari Go-Jek, Handoko mengaku untuk mendapatkan Rp 150 ribu per hari dari hasil mengangkut penumpang dinilai sulit. Untuk mendapatkannya, dia harus terus menarik penumpang dari pagi hingga malam hari.

"Sekarang itu paling bisa Rp 150 ribu sehari. Itu harus dari pagi sampai malam, diangkut terus nggak berhenti. Jadi berat," kata Handoko kepada detikFinance, Jakarta, Sabtu (7/4/2018).

Handoko mengaku saat ini jumlah driver ojol sudah cukup banyak, sehingga persaingan mendapatkan penumpang semakin ketat. Terlebih, kata dia, dengan tarif yang dipatok sebesar Rp 1.500/kilometer (km).

"(Driver) Go-Jek banyak, tapi tarifnya kecil, ya kita juga jadi kecil penghasilannya," kata dia.


Padahal, Handoko menambahkan, di awal kehadirannya Go-Jek memberikan tarif yang cukup tinggi, yakni sebesar Rp 4.000/km. Dengan tarif tersebut, dia mengaku bisa mendapatkan penghasilan yang tinggi.

"Itu sekitar dua tahun lalu, sehari bisa dapet Rp 300 ribu sampai Rp 400 ribu. Tapi saya cuma dapet yang bagian terakhirnya saja, cuma sebentar ngerasain tarif segitu," ceritanya.

Handoko melanjutkan, setelah Grab ikut beroperasi di Indonesia, Go-Jek kemudian menurunkan tarif angkut penumpang tersebut. Hal itu agar tak kalah saing dan kehilangan penumpang dari Grab saat itu.

Oleh sebab itu, dia berharap agar rencana untuk menaikkan tarif bisa benar-benar dilakukan. Hal itu agar para driver ojol bisa lebih sejahtera dibandingkan sekarang dan mendapatkan penghasilan yang lebih.

"Ya kalau bisa sih, inginnya secepatnya (tarif naik). Kalau sekarang kecil banget kan tarifnya," kata dia.

(fdl/ang)
FOKUS BERITA Tarif Baru Ojek Online
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed