Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 10 Apr 2018 09:55 WIB

Sebelum Beroperasi, Kereta LRT Jakarta Bakal Diuji Coba Mei

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Dok. LRT Jakarta Foto: Dok. LRT Jakarta
Jakarta - Kereta LRT Jakarta yang diperkirakan tiba dari Korea Selatan pada minggu ini bakal menjalani proses uji coba sebelum dioperasikan pada Agustus 2018 mendatang. Sebelum menjalani uji coba, kereta akan menjalani serangkaian proses instalasi termasuk penyambungan dua gerbong pertama kereta seperti bus TransJakarta yang memiliki desain bodi panjang.

"Bisa mulai dilihat up and running sekitar bulan Mei. Uji coba menunggu beraneka ragam komponen lain masuk. Kalau yang Jepang kan begitu masuk sudah bisa langsung dites. Kalau LRT harus disambung dulu. Yang tengahnya itu ada sambungannya. Di tengahnya ada putarannya seperti di TransJakarta. Jadi begitu sampai nanti, butuh waktu 2-4 minggu untuk diinstal penyambungannya," kata Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Satya Heragandhi kepada detikFinance saat dihubungi, Selasa (10/4/2018).

Rangkaian proses uji coba untuk kereta pertama sendiri ditarget rampung di bulan Juni sehingga diharapkan bisa menjadi kado hari jadi Kota Jakarta yang ke-491 di tanggal 22 Juni 2018. Sementara untuk uji coba seluruh trainset LRT Jakarta yang beroperasi diharapkan rampung pada bulan Juli.


"Permintaan pak Wagub (Sandiaga Uno) kalau bisa Juli sudah selesai commissioning (uji coba) nya. Kita upayakan Juni sudah bisa jadi kado ultah Jakarta," katanya.

Jakpro sendiri sudah mulai menyiapkan masinis untuk memenuhi target operasional sebelum Asian Games diselenggarakan pada pertengahan bulan Agustus 2018. Pada bulan Maret lalu, sebanyak empat masinis (senior) dan dua asisten masinis (junior) sudah dilatih mengemudikan kereta LRT Jakarta di Pabrik Hyundai Rotem (Korea Selatan).

"Mereka adalah 6 pegawai dari total 49 pegawai yang telah direkrut oleh JakPro pada rekrutmen tahap pertama," kata Satya.


Di rekrutmen tahap kedua dan berikutnya untuk persiapan SDM pengoperasian dan perawatan LRT Jakarta Koridor 1 Fase 1, Kelapa Gading - Velodrome, Jakpro akan mengirimkan lebih banyak lagi masinis dan tenaga ahli, untuk menjalani training di Korea dan tempat tempat lainnya. Adapun total masinis senior atau berpengalaman yang dibutuhkan untuk koridor 1 fase 1 ini adalah 10.

"Kombinasi antara senior masinis yang berasal dari pensiunan Masinis PT KA dan junior atau asisten masinis dari sekolah tinggi teknologi kereta api, dimaksudkan untuk percepatan kaderisasi tenaga tenaga ahli terlatih," ungkap Satya. (eds/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed