Follow detikFinance
Selasa, 10 Apr 2018 11:35 WIB

JK Bangga Mie Instan Indonesia Populer di Afrika

Muhammad Idris - detikFinance
Foto: Muhammad Idris/BNR Foto: Muhammad Idris/BNR
Nusa Dua - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyebut perdagangan antara Indonesia dan Afrika mengalami pertumbuhan signifikan dari tahun ke tahun. Bahkan dengan beberapa negara Afrika, kenaikan nilai perdagangannya menembus di atas 100%.

Menurut JK, banyak produk Indonesia cukup diminati di sejumlah negara Afrika. Selain minyak CPO, mie instan asal Indonesia sangat populer di benua terbesar ketiga tersebut.

"Afrika butuh minyak CPO, kendaraan bermotor, dan tentunya sangat populer adalah mie instan dari Indonesia," ucap JK di Nusa Dua Convention Center, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (10/4/2018).

"Volume perdagangan antara Indonesia dan Afrika di 2017 mencapai US$ 8,84 miliar atau naik 15,25% dari 2016. Ini masih terbilang kecil, tetapi trennya terus tumbuh. Ini sangat positif dan signifikan," ujar JK.


Dia mencontohkan, perdagangan Indonesia dengan Liberia tumbuh 284% di tahun 2017. Kemudian dengan Togo tumbuh 215%, dengan Burundi tumbuh 105%, dengan Cabo Verde tumbuh 100%.

Di sektor investasi, baik Indonesia maupun Afrika nilainya juga mengalami kenaikan signifikan. Menurutnya, beberapa perusahaan Indonesia sudah sejak lama menanamkan modalnya di sana.

"Investasi juga mulai tumbuh, lebih dari 30 perusahaan Indonesia beroperasi di Afrika. Di bidang farmasi, di bidang tekstil, di energi. Sementara Afrika berinvestasi di Indonesia di 2017 mencapai US$ 1,28 miliar. Jangan katakan Wakanda forever, tapi katakan Indonesia-Afrika forever," tandas JK.

(idr/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed