Follow detikFinance
Kamis, 12 Apr 2018 12:42 WIB

Tiket MRT Mau Disubsidi, Pak Anies?

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Lamhot Aritonang Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan enggan menjawab mengenai harga tiket kereta mass rapid transit (MRT) Jakarta tahap I rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI) yang akan beroperasi setahun lagi. Mantan Mendikbud tersebut tak banyak bicara saat ditanya mengenai harga tiket MRT yang akan dikenakan nanti dan subsidi yang akan diberikan oleh Pemprov DKI Jakarta terhadap harga tiket tersebut.

"Untuk itu (harga tiket) saya belum ada jawaban," katanya singkat saat ditemui di depo MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis (12/4/2018).

Sebelumnya PT MRT Jakarta memperkirakan tarif untuk penumpang MRT berada di kisaran Rp 17.000 hingga 20.000 per penumpang. Namun harga tersebut belum mendapatkan subsidi dari pemprov DKI Jakarta dan menggunakan survei di tahun 2011.


Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar mengatakan saat ini pihaknya belum merampungkan penghitungan tarif lantaran masih menunggu kajian jumlah penumpang. Kajian tersebut diharapkan sudah rampung pada April ini sehingga perhitungan tarif teranyar bisa dimulai.

"April ini kajiannya selesai dan kita kirim kepada pemerintah dan nanti pemerintah akan memutuskan mau memberikan subsidi berapa," katanya.


Adapun penghitungan tarif MRT Jakarta akan dilakukan berdasarkan besaran investasi yang digelontorkan dan potensi penumpang setiap harinya. Nantinya, penumpang bisa membeli tiket yang berbentuk e-ticket untuk menggunakan MRT yang juga bisa digunakan untuk memanfaatkan layanan transportasinya seperti Light Rail Transit (LRT) hingga busway Transjakarta.

(eds/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed