Follow detikFinance
Kamis, 12 Apr 2018 14:11 WIB

Susi: RI Bangsa Maritim, Tapi 70 Tahun Merdeka Didoktrin Pertanian

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti/Foto: Grandyos Zafna Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti hadir dalam seminar yang diselenggarkan Ikatan Nakhoda Niaga Indonesia di DPR, Kamis (12/4/2018). Dalam sambutannya, Susi sempat menyinggung Indonesia bangsa maritim, namun masyarakatnya selalu didoktrin hidup di negara agraris.

Padahal 70% wilayah Indonesia adalah lautan.

"Indonesia lahir secara geografis sudah jadi bangsa maritim karena 70% kita lautan. Dunia juga sama, 70% lautan. Tapi 70 tahun bangsa kita merdeka, kita selalu didoktrin bangsa yang ada di pertanian," kata Susi di Seminar Nasional: Konsepsi Strategis Pengembangan Potensi Maritim Nasional Dalam Mewujudkan Cita-cita Poros Maritim Dunia Menuju 100 Tahun Kemerdekaan di Gedung Nusantara DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (12/4/2018).


Bukan cuma Indonesia, di negara-negara lain pun juga sempat mengutamakan daratan, meskipun mayoritas wilayahnya laut. Hal itulah yang menyebabkan aturan di sektor maritim sedikit

"Dunia pun mikirnya kita ini planet tanah saja. Padahal 70% itu adalah lautan, yang attach kepada aturan dan wilayah kewenangan di teritorial cuma 40%," imbuhnya.


Dia menambahkan, di era Presiden Joko Widodo, sektor maritim kini jadi perhatian utama. Pemerintah gencar membangun sektor maritim mulai dari perikanan hingga transportasi dan pelabuhan.

Pemerintah menjadikan laut sebagai masa depan bangsa dan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

"Apa yang terjadi di wilayah Indonesia saat ini, erat kaitannya dengan apa yang terjadi di laut lepas. Pak jokowi membuat misi laut menjadi masa depan bangsa, Indonesia jadi poros maritim dunia," pungkasnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed