Follow detikFinance
Kamis, 12 Apr 2018 17:34 WIB

Rini Targetkan Semua BUMN Untung Tahun Ini

Usman Hadi - detikFinance
Menteri Rini Soemarno jadi pembicara di UGM/Foto: Usman Hadi/detikFinance Menteri Rini Soemarno jadi pembicara di UGM/Foto: Usman Hadi/detikFinance
Sleman -

Menteri Badan Usaha Milik Negera (BUMN), Rini M. Soemarno menargetkan semua perusahaan milik BUMN tidak ada yang merugi tahun ini. Pihaknya optimis target tersebut tercapai.

"Saya harapkan di tahun 2018 ini semua (perusahaan milik BUMN) bisa untung, insya Allah," kata Rini, Kamis (12/4/2018) sore.

Pernyataan tersebut disampaikan Menteri Rini saat menjadi pembicara Executive Series, di Auditorium Sukaji Ranuwihardjo Master of Management Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada.

Menteri Rini menjelaskan, sampai akhir tahun 2014 semua BUMN mendulang keuntungan sebesar Rp 148 triliun. Namun, kala itu masih ada sekitar 24 perusahaan yang merugi.

"Di akhir 2017 adalah angkanya (keuntungan) Rp 183 triliun. Jadi dari Rp 148 naik ke Rp 183 triliun. Alhamdulillah, jadi kita bisa menaikkan hampir 30 persen (keuntungan) dalam tiga tahun ini," ungkapnya.

Walaupun keuntungan perusahaan BUMN meningkat, Rini mengakui masih ada belasan perusahaan ber plat merah yang tetap merugi. Menurutnya, hal ini menjadi pekerjaan rumah berat bagi kementeriannya.

"Saya tahu itu pekerjaan yang tidak mudah. Perusahaan yang merugi dari 24 sekarang tinggal 13," sebutnya.

Namun, Rini mengajak masyarakat berbangga. Meski masih ada perusahaan merugi, aset yang dimiliki BUMN tiap tahunnya meningkat drastis sejak tahun 2014.

"Dan yang paling utama, yang tadi asetnya tahun 2014 itu sebesar Rp 4.500 triliun, sekarang di akhir tahun 2017 sudah mencapai Rp 7.000 triliun," paparnya.

"Jadi kita nantinya menitipkan ini ke adek-adek (mahasiswa) semua. Untuk minimal (aset BUMN) mencapai Rp 10.000 triliun dalam waktu 5 tahun mendatang," tutupnya.



(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed