Follow detikFinance
Senin, 16 Apr 2018 10:03 WIB

Ada Ganjil Genap di GT Kunciran 2, Pengendara Dialihkan ke GT Ini

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Rifkianto Nugroho Foto: Rifkianto Nugroho
FOKUS BERITA Ganjil-Genap di Tol
Tangerang - Ganjil genap hari ini mulai berlaku di tol Gerbang Tol Kunciran 2, tol Tangerang arah Jakarta. Kendaraan yang tak bisa masuk dialihkan ke Gerbang Tol lain.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono mengatakan kendaraan tak bisa masuki GT Kunciran 2 menuju Jakarta dialihkan untuk menggunakan jalan lain. Mereka dialihkan ke GT Karawaci, GT BSD, serta jalan arteri.

"Kita alihkan mereka untuk bisa pindah ke pintu tol terdekat, yaitu pintu tol Karawaci, atau jalan alternatif jalan arteri lainnya," kata Bambang di lokasi uji coba ganjil genap, Tangerang, Senin (16/4/2018).


Bambang juga mengatakan selain dialihkan untuk melalui jalur lain, pengendara juga bisa menggunakan transportasi umum untuk bisa menuju Jakarta. Bambang mengaku pihaknya telah menyiapkan bus untuk para pengendara dengan pelat nomor yang terkena sistem ganjil genap.

"Untuk uji coba ini di Kunciran 2 dan Tangerang 2 kami sudah siapkan tambahan 14 bus, kalau itu masih kurang kita tambahkan lagi nanti. ada tiga PO bus yang akan layani kita Kunciran 2 dan Tangerang 2, yang pertama adalah PPD, kedua Royal Platinum, ketiga Sinar Jaya. tiga operator bus," katanya.


Lebih lanjut Bambang menambahkan, bahwa pengendara yang tak bisa masuk gerbang tol karena ganjil genap ini bisa lewat sebelum atau setelah aturan ganjil genap berlaku, yakni pada pukul 06.00WIB hingga pukul 09.00WIB. Hal itu agar beban atau volume kendaraan bisa terbagi.

"Kami tanya, kalau seandainya sistem ganjil genap diterapkan, anda akan menggunakan apa? pertama bus, kedua berangkat lebih pagi, ketiga lewat jalan lain, dan seterusnya. Mereka 50% memilih berangkat lebih pagi, ini bagus," katanya.



"Artinya kita berhasil membagi beban, karena selama ini menumpuk di jam 06.00-09.00WIB, sekarang mereka berbagai beban, sebagian mereka berangkat sebelum jam enam, setelah itu jam 06.00-09.00 WIB, tentu sesuai dengan pelat nomor, sesuai dengan tanggalnya. Jadi sistem ini kita berhasil membagi beban, bukan menurunkan volume kendaraan," tuturnya. (fdl/zlf)
FOKUS BERITA Ganjil-Genap di Tol
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed