Follow detikFinance
Selasa, 17 Apr 2018 09:35 WIB

Hindari Ganjil Genap, Masyarakat Berangkat Kerja Lebih Pagi

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Achmad Dwi Afriyadi/detikFinance Foto: Achmad Dwi Afriyadi/detikFinance
FOKUS BERITA Ganjil-Genap di Tol
Jakarta - Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono memantau jalannya uji coba sistem ganjil genap di Gerbang Tol Cibubur 2. Dari hasil pantauannya, kendaraan lebih lancar saat jam ganjil genap berlangsung yakni 06.00 WIB sampai 09.00 WIB.

Kepadatan justru terjadi sebelum pukul 06.00 WIB. Menurutnya, hal itu disebabkan masyarakat pergi lebih pagi untuk menuju Jakarta.

"Kami hari ini memantau langsung kondisi lalu lintas di lapangan. Memang setelah kami pantau, benar sesuai survei yang kami lakukan bahwa masyarakat berangkat lebih pagi. Dari jam 5 sampai 6, mereka mulai berangkat," kata dia di akses masuk menuju Gerbang Tol Cibubur 2 Jakarta, Selasa (17/4/2018).


Selanjutnya, Bambang mengatakan, BPTJ juga akan melakukan evaluasi paket kebijakan pengurai kemacetan ini. Selain Tol Jagorawi, uji coba paket kebijakan juga dilakukan di Tol Jakarta-Tangerang.

"Hari pertama ada perbaikan walaupun belum signifikan, kami BPTJ, Kepolisian, Korlantas, akan melakukan evaluasi tapi setelah seminggu sebenarnya apa masalahnya," ungkapnya.

Dia menjelaskan, adapun tantangan dari sistem ini ialah kemacetan di jalan non-tol. Pihaknya akan mencari jalan keluar terkait masalah tersebut.


"Di Tol Janger (Jakarta-Tangerang), kami akan coba lihat siklus lampu merah di Tomang. Kemudian kendala di jalan non-tolnya di depan Rumah Sakit Harapan Kita," ujar dia.

Lalu, tantangan selanjutnya ialah padatnya kendaraan di Cawang. Sebab, ada potensi kemacetan karena imbas dari sistem ganjil genap di Pintu Tol Bekasi dan Cibubur. Arus kendaraan yang lancar memicu penumpukan di Cawang.



"Ini kami carikan solusinya seperti apa. Kami mencoba melakukan simulasi penerapan ganjil genap Sudirman Thamrin, dengan Jagorawi dan Japek. Sehingga kita sinergikan, jam pemberlakuaan masih beda, Jagorawi Japek itu mulai jam 6, sementara Sudirman Thamrin jam 7," tutup dia. (zlf/zlf)
FOKUS BERITA Ganjil-Genap di Tol
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed