Follow detikFinance
Selasa, 17 Apr 2018 11:24 WIB

Bandara Kertajati Layani Haji, Menhub Cek Hotel hingga Jalan

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Trio Hamdani/detikFinance Foto: Trio Hamdani/detikFinance
Majalengka - Sebelum mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengecek fasilitas pendukung di luar bandara.

Budi Karya mengecek sejumlah hotel yang bisa digunakan sebagai asrama bagi jemaah haji yang berangkat dari Bandara Kertajati. Pasalnya bandara ini direncanakan siap beroperasi menerbangkan jemaah haji.


Budi Karya meninjau tiga hotel, yakni Hotel Fitra, Putra Idaman, dan Puri Elsas. Ketiganya berlokasi di Majalengka, Jawa Barat. Nantinya hotel-hotel ini akan diusulkan ke Kementerian Agama untuk dijadikan asrama haji.

"(Hotel-hotel ini masih) dipertimbangkan. Kita akan usulkan kepada Kementerian Agama," katanya, Selasa (17/4/2018).



Ada berbagai hal yang dipertimbangkan dalam menentukan kriteria yang cocok dijadikan asrama haji yang berangkat dari Bandara Kertajati ini.

"Kriterianya tentu yang paling mendasar ya hotel itu secara level of service memadai ya. Yang kedua yang paling mutlak itu jarak ya. Jarak harus kurang dari satu jam. Nah itu kan kita tahu tadi kita ke sana 30-35 menit," sebutnya.

Selain hotel, Budi Karya beserta rombongan juga melihat kesiapan akses jalan menuju bandara. Hotel dan akses jalan ini menjadi hal penting lainnya selain bandara itu sendiri.



"Memastikan apakah aksesibilitas, hotel daripada di Majalengka bisa sudah berfungsi untuk beroperasinya Bandara Kertajati dan juga untuk terselenggaranya haji," ujarnya.

Dengan demikian, ketika bandara ini siap beroperasi untuk memberangkatkan haji, fasilitas pendukung lainnya juga dipastikan siap.

"Jadi fisik milik bandara udah selesai, aksesibilitas selesai, fasilitas hotel selesai," tambahnya. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed