Follow detikFinance
Selasa, 17 Apr 2018 15:37 WIB

Mobil Pejabat Pelat Hitam Tak Kebal Aturan Ganjil Genap di Tol

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Beberapa jenis kendaraan terbebas dari kebijakan ganjil genap di pintu tol. Kebijakan ganjil genap di pintu tol sendiri berlaku pukul 06.00-09.00 WIB.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi mengatakan, kendaraan yang terbebas dari kebijakan ganjil genap antara lain ambulan, mobil pemerintah pelat merah, dan mobil dalam pengawalan kepolisian.

"Satu mobil ambulan, kedua mobil pelat merah mobil pemerintah, ketiga pas ada pengawalan itu," kata dia kepada detikFinance, di Jakarta, Selasa (17/4/2018).


Dia mengatakan, jika mobil pejabat negara tidak menggunakan pelat merah dan tidak menggunakan pengawalan maka harus ikut aturan ganjil genap.

Sebagai contoh, kata dia, mobil berpelat nomor hitam di mana di bagian belakang seri angkanya menggunakan RF. Menurutnya, jika menggunakan pelat hitam maka akan terkena ganjil genap. Sebab itu, kata dia, mobil tersebut harus mengganti pelatnya dengan pelat warna merah.

"Mobil-mobil pejabat itu kan ada nomor rahasianya ya yang dikeluarkan kepolisian. Dua, itu dalam arti pelat merah, satu ya pelat hitam," ungkapnya.


Humas Badan Pengelola Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Budi Rahardjo merinci beberapa jenis kendaraan yang terbebas dari ganjil genap di tol.

"Angkutan umum pelat kuning, kendaraan dinas pemerintah (pelat merah), kendaraan korps diplomatik, kendaraan pimpinan lembaga negara, ambulance, pemadam kebakaan," ujar dia.

Sebagai informasi, pemerintah menerapkan kebijakan pengurai macet di 3 ruas tol. Di Tol Jakarta-Cikampek terdapat 3 kebijakan sekaligus, yakni lajur khusus bus, pengaturan angkutan barang, dan ganjil genap di Gerbang Tol Bekasi menuju Jakarta.

Kebijakan serupa juga dilakukan di Tol Jakarta-Tangerang. Di ruas tol ini, pemerintah juga menerapkan 3 kebijakan sekaligus yakni lajur khusus bus, pengaturan angkutan barang, dan ganjil genap di Gerbang Tol Kunciran 2 dan Tangerang 2 menuju Jakarta. Sementara, kebijakan yang diterapkan di Tol Jagorawi yakni lajur khusus bus dan ganjil genap di Gerbang Tol Cibubur 2.

Untuk Tol Jakarta-Tangerang dan Tol Jagowari statusnya uji coba. Sedangkan, untuk Tol Jakarta-Cikampek sudah resmi berlaku. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed