Follow detikFinance
Rabu, 18 Apr 2018 17:20 WIB

Libur Lebaran Ditambah, Positif atau Negatif?

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Tim Infoografis: Fuad Hasyim Foto: Tim Infoografis: Fuad Hasyim
FOKUS BERITA Libur Lebaran Ditambah
Jakarta - Libur Lebaran tahun ini bakal lebih panjang dari tahun sebelumnya karena pemerintah memberi tambahan libur selama tiga hari.

Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagio menilai panjangnya libur Lebaran tahun ini memiliki dampak positif serta negatif. Dia menilai masyarakat luas akan senang dengan lamanya libur tersebut.

Selain itu, dia meyakini libur Lebaran panjang ini mampu mengurai kepadatan arus mudik nanti. Hal itu sesuai dengan alasan pemerintah yang memberikan tambahan cuti bersama.


"Pertama, memang kita hobi libur. Semakin lama libur pasti publik semakin senang. Kedua perpanjangan libur akan mengurangi tingkat kemacetan karena kepergian dan kepulangan bisa mengalir atau tersebar selama libur," kata Agus kepada detikFinance, Jakarta, Rabu (18/4/2018).

Namun di sisi lain, jelas Agus, sektor dunia usaha mendapatkan dampak yang kurang baik dengan panjangnya libur lebaran. Sebab, layanan publik yang diliburkan bakal membuat sektor perdagangan jasa maupun barang juga terhenti.


"Yang terganggu memang layanan publik dan sistem perdagangan jasa dan barang terganggu. Toko-toko harus setok banyak, sementara industri akan kesulitan memasarkan barang-barangnya dan industri harus melakukan pengaturan yang tidak mudah," kata dia.

Oleh sebab itu, Agus menilai lebih baik aturan libur lebaran tahun ini disamakan dengan tahun-tahun sebelumnya. Yakni dengan cuti bersama dua hari sebelum dan setelah Lebaran. Sementara, kata dia, pemerintah juga harus mencari cara lain untuk bisa mengurai kepadatan arus mudik.



"Soalnya produktivitas memang akan terganggu. Saya setuju seperti tahun lalu supaya tidak merugikan. Sektor industri yang pasti selalu dirugikan. Pemerintah harus kerja lebih keras," tuturnya.

Saksikan video 20Detik untuk mengetahui respon netizen mengenai penambahan waktu Libur Lebaran di sini:

[Gambas:Video 20detik]

(fdl/zlf)
FOKUS BERITA Libur Lebaran Ditambah
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed