Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 18 Apr 2018 18:42 WIB

Kata Mendag Agar Umat Mart di Pesantren Bisa Maju

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Himpunan Pengusaha Mudah Indonesia (Hipmi) dan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) berkolaborasi menyelenggarakan minimarket di pesantren, yaitu Umat Mart. Pemerintah mendorong agar Umat Mart bisa berjalan dan berkembang seperti minimarket lain.

Contohnya Alfamart dan Indomaret yang tersebar di mana-mana.

"Dia (Umat Mart) itu dengan level playing field yang sama jadi harga jualnya nanti sama dengan Indomaret, Alfamart artinya harga perolehannya juga sama baru bisa maju. Kalau nggak, warung-warung di pesantren nggak akan bisa maju, jauh nggak akan habis," katanya di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (18/4/2018).


Enggartiasto mengatakan dalam Umat Mart ini pemerintah memfasilitasi pertemuan antara Hipmi dan Aprindo untuk. Selanjutnya Hipmi bersama Aprindo bersepakat menyelenggarakan Umat Mart,

"Kita kerja sama, kita memfasilitasi pertemuan. Bapak Presiden sudah lama menyampaikan mengenai ekonomi umat, ekonomi yang berkeadilan, segala macam jadi saya undang Aprindo, saya undang Hipmi bikin kesepakatan," imbuhnya.


"Nanti kita sudah ada pada bulan Mei, ada 10 atau 12 yang akan diresmikan Bapak Presiden," jelasnya, sambung Enggartiasto

Sementara itu, pilot project Umat Mart akan dilaksanakan di Provinsi Jawa Timur. Selanjutnya, pihaknya berharap dapat membangun sebanyak 1.000 Ummart di seluruh Indonesia. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com