Follow detikFinance
Minggu, 22 Apr 2018 12:05 WIB

Kemendag Ingatkan Konsumen Harus Cerdas Pilih Produk

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Fadhly F Rachman/detikFinance Foto: Fadhly F Rachman/detikFinance
Bangka - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggelar Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2018 di wilayah Bangka Belitung. Dalam Harkonas ini, Kemendag bersama Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar sejumlah kegiatan.

Perayaan Harkonas di wilayah Bangka Belitung sendiri dimulai pada 22-24 April 2018. Dalam mengawali kegiatan Harkonas ini, Minggu (22/4/2018), Kemendag menggelar kegiatan jalan sehat yang diikuti oleh 1.000 peserta, termasuk Wakil Gubernur Bangka Belitung Abdul Fatah dan jajaran Kemendag.

"Kegiatan ini merupakan awal rangkaian dalam rangka peringati Hari Konsumen Nasional. Jadi beberapa kegiatan akan dilalui dan puncaknya akan dilakukan di lapangan taman merdeka pada Selasa 24 April nanti," kata Staf Ahli Bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antar Lembaga, Kementerian Perdagangan Suhanto di lokasi, Pangkalpinang, Minggu (22/4/2018).

Suhanto mengatakan dengan perayaan Harkonas ini diharapkan bisa mengedukasi masyarakat untuk bisa lebih cerdas dan mandiri dalam mendapatkan haknya sebagai konsumen.

"Bagaimana konsumen yang cerdas, paling tidak kita harus memenuhi beberapa hal. Antara lain dalam membeli produk, teliti sebelum membeli. Kalau pangan sudah kedaluarsa atau belum, kalau elektronik sudah SNI atau belum, ini yang perlu diedukasi," jelasnya.

Dalam rangkaian Harkonas ini juga Kemendag bersama Pemprov Bangka Belitung bakal menggelar sejumlah seminar serta membuka pameran produk UKM dari wilayah Bangka Belitung.

Sementara itu, Wakil Gubernur Bangka Belitung Abdul Fatah mengatakan peryaan Harkonas yang digelar di Provinsi Bangka Belitung ini dilakukan karena wilayah tersebut telah dinobatkan sebagai salah satu provinsi yang peduli dengan konsumen.

"Provinsi Bangka Belitung dipilih sebagai tempat penyelenggaraan puncak peringatan Harkonas karena pada tahun 2016 dinobatkan sebagai salah satu Provinsi Peduli Perlindungan Konsumen," ungkap Abdul. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed