Follow detikFinance
Senin, 23 Apr 2018 22:00 WIB

MenPAN-RB Prediksi Pendaftar CPNS 2018 sampai 5 Juta Orang

Mustiana Lestari - detikFinance
Foto: Mustiana Lestari/detikcom Foto: Mustiana Lestari/detikcom
Banjarmasin - Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur mengatakan akan membuka kembali lowongan calon pegawai negeri sipil di 2018 ini. Asman menyebut diperkirakan 4 juta orang akan melamar pada lowongan CPNS kali ini.

"Mungkin tahun ini 100 ribu yang kita buka yang pensiun 200 ribu, bisa jadi 4 sampai 5 juta orang yang daftar sekarang saja sudah 2 juta orang yang daftar," terang Asman di Polda Kalsel, Senin (23/4/2018).


Jumlah ini meningkat dari tahun 2017 dengan jumlah pendaftar mencapai 2,4 juta namun yang lolos hanya 37 ribu saja. Oleh karena itu, untuk memfasilitasi para pendaftar, Asman menilai berbagai pihak harus bersiap, seperti salah kepolisian dalam mengurus SKCK.

"Permintaan SKCK bisa jutaan makanya harus cepat kerjanya. Saya berharap polres bisa mempunyai inovasi di bidang ini," sambung dia.

Menyikapi hal ini, Polda Kalsel pun mengaku sudah bersiap. Salah satunya melalui penyediaan aplikasi SKCK untuk memudahkan masyarakat.

"Aplikasi yang sudah dipunya akan ditingkatkan dan lebih real lagi sehingga masyarakat tidak kesulitan dalam memohon SKCK dan bisa langsung diterbitkan di mana pun berada," tandas Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana.


Menurutnya sampai saat ini kepolisian fokus terhadap pengumpulan catatan kepolisian. Jika pemohon pernah mempunyai catatan maka SKCK-nya akan ditandai.

"Kita harus siap. Kata Pak Menteri SKCK yang harus ditekankan," tegasnya (ega/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed