Follow detikFinance
Rabu, 02 Mei 2018 10:48 WIB

Jokowi Minta Anies Sediakan Bus Listrik di Jakarta

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Trio Hamdani/detikFinance Foto: Trio Hamdani/detikFinance
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya Sandiaga Uno untuk menyediakan kendaraan ramah lingkungan untuk angkutan umum. Salah satunya dengan menyediakan bus listrik.

Hal itu dia sampaikan saat berpidato dalam Pembukaan Konvensi dan Pameran Indonesian Petroleum Association (IPA) ke 42 di Jakarta Convention Center (JCC).

Jokowi mengatakan minggu lalu dia membaca salah satu surat kabar luar negeri yang menginformasikan bahwa China tidak main-main dalam mengganti angkutan umum roda empatnya dari yang menggunakan energi konvensional ke energi listrik.

"Minggu lalu saya baca Bloomberg perkembangan bus dan mobil listrik di Tiongkok. Ini fenomena yang meluas di berbagai negara. Artikel ini katakan di kota kota Tiongkok, salah satunya Shenzhen akhir 2017 100% dari 16.300 bus angkutan publiknya telah beralih ke bus listrik," katanya, Rabu (2/5/2018).


Tak berhenti sampai di situ. Secara nasional, kata Jokowi China tiap tahun berkomitmen mengganti 100.000 bus berbahan bakar konvensional ke listrik.

Jokowi pun tidak mau Indonesia kalah dari negeri tirai bambu tersebut. Dia berharap Jakarta juga bisa seperti itu. Dalam acara ini, gubernur dan wakil gubernur Jakarta juga turut hadir.

"Dimulai dari Jakarta dulu. Bapak gubernur di sini hadir. Ganti dengan busnya yang listrik supaya nggak kalah dengan yang tadi saya sampaikan. Sekali lagi Tiongkok sedang ganti 100.000 bus kota dan bus angkutan publik tiap tahunnya dari angkutan berbasis bahan bakar fosil ke bus listrik," tuturnya.

"Dan fenomena bus listrik ini mulai menjalar ke kota kota lain di seluruh dunia. London, Paris, Los Angeles, Mexico City dan nanti sebentar lagi nanti di Jakarta. Tapi terserah pak gubernur dan wagub," tambah Jokowi.


Turut hadir jajaran Menteri Kabinet Kerja, diantaranya Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Acara ini dihadiri pula oleh President IPA Ronald Gunawan, dan Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed