Follow detikFinance
Senin, 07 Mei 2018 18:45 WIB

Kata Susi Soal Tambang Laut Babel

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Ketua Umum HNSI Mayjen (Purn) Yussuf Solichien. (Bil Wahid-detikcom) Foto: Ketua Umum HNSI Mayjen (Purn) Yussuf Solichien. (Bil Wahid-detikcom)
Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengungkapkan, pihaknya tidak akan mempersoalkan keberadaan tambang laut di Kepulauan Bangka Belitung (Babel), selama itu legal dan sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Hal ini disampaikan Susi saat menanggapi menanggapi curhat para nelayan dari Babel dalam acara Rembug Nasional Nelayan dan Munas VII Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) yang berlangsung di Hotel Grand Serpong, Tangerang, Senin (7/5/2018).

"Di Babel banyak illegal mining, dan itu yang harus ditenggelamkan. Kalau legal minning, no problem, karena itu ada aturannya," kata Susi seperti disampaikan oleh Ketua DPD HNSI Babel Johan Murod.


Lebih lanjut Johan Murod mengatakan, sejauh ini aktivitas tambang laut yang legal, artinya memiliki IUP dan memenuhi AMDAL, tidak sampai mengganggu kegiatan nelayan. "Selama mengikuti peraturan yang berlaku, tambang laut bukan jadi masalah utama," ucapnya.

Dalam acara yang diikuti oleh 34 DPD dan lebih dari 300 DPC HNSI se-Indonesia tersebut, Johan Murod juga menyampaikan apresiasinya atas sepak terjang Susi dalam memberantas illegal fishing.


Menurut Johan, sejak program Zero Illegal Fishing dan Zero Nelayan Asing yang dilakukan Susi, jumlah ikan di Kepulauan Babel semakin banyak dan besar-besar. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed