Follow detikFinance
Rabu, 09 Mei 2018 16:13 WIB

Ganjil Genap di Arteri Jakarta Bakal Seharian Saat Asian Games

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Kawasan ganjil-genap di jalan protokol DKI Jakarta akan diperluas untuk menyambut Asian Games. Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono mengatakan aturan ini nantinya bakal diberlakukan selama seharian penuh.

"Ganjil genap akan kita perluas. Ganjil genap bukan 3 jam lagi tapi seharian. Jadi yang plat nomor genap tanggal ganjil mohon istirahat dulu," katanya dalam acara sosialisasi aturan ganjil genap untuk sopir taksi online di Jakarta, Rabu (9/5/2018).


Asian Games akan akan dibuka pada 18 Agustus mendatang. Rencana soal aturan ini pun disosialisasikan pula ke pengemudi taksi online. Pasalnya mereka juga akan terkena aturan tersebut.

"Tentu pemerintah harus bijak. Makanya kami sosialisasi kebijakan ini karena bapak mitra kami, kami ingin dengar apa yang harus pemerintah lakukan," lanjutnya.

Saat ini, aturan ganjil-genap berlaku di ruas Jalan Sudirman-Thamrin dan Jalan Gatot Subroto. Ganjil genap diterapkan setiap hari (kecuali Sabtu, Minggu dan tanggal merah), pada pukul 07.00-10.00 WIB dan 16.00-20.00 WIB.


Ganjil-genap kini diperluas hingga ke ruas tol, seperti Tol Jakarta-Cikampek, Tol Cibubur 2 dan Tol Tangerang. Ganjil-genap dilakukan untuk mengurangi volume kendaraan di Ibu Kota.

Bambang melanjutkan, nanti ada ruas-ruas jalan utama baru yang akan ikut diberlakukan aturan ganjil genap.

"Jalur arteri lainnya, pertama Kuningan, MT Haryono, Gatot Subroto," tambahnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed