Follow detikFinance
Rabu, 09 Mei 2018 19:13 WIB

Uji Coba Ganjil Genap untuk Asian Games Mulai Awal Juli

Trio Hamdani - detikFinance
Jalan Sudirman-Jakarta/Foto: Agung Pambudhy Jalan Sudirman-Jakarta/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Kawasan ganjil-genap di jalan protokol Ibu Kota akan diperluas untuk menyambut Asian Games. Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono mengatakan rencananya itu dimulai sebulan sebelum Asian Games.

Adapun perluasan dilakukan dengan menambah rute dan waktu penerapan ganjil genap tersebut. Waktu penerapan ganjil genap ini rencananya bakal dimulai pukul 06.00 hingga pukul 20.00.

"Maka nanti akan berlakukan ganjil genap arteri lainnya, pertama Kuningan, MT Haryono, Gatot Subroto," katanya dalam acara sosialisasi aturan ganjil genap untuk angkutan sewa khusus, di Jakarta, Rabu (9/5/2018).

Pembukaan Asian Games akan dimulai 18 Agustus. Berarti direncanakan penerapan aturan ganjil genap di jalan protokol Jakarta mulai diberlakukan 18 Juli, namun sebelum itu dilakukan ujicoba awal Juli.

"Nanti akan kami lakukan uji coba selama 2 minggu di awal Juli. Walaupun pertandingan baru 18 Agustus tapi kita mulai jauh sebelumnya supaya masyarakat lebih memahami, lebih terbiasa dengan kebijakan yang baru, sehingga tidak chaos dimana mana. Nah 2 minggu ujicoba, pertengahan Juli kita implementasikan" ujarnya.


Kebijakan ini diharapkan bisa mengurai kemacetan saat laga Asian Games berlangsung.

"Sebentar lagi akan diadakan Asian Games 18 Agustus. Ada persyaratan dari panitia, yakni dari poin ke poin venue 30 menit. Ada yang harus diperhatikan agar atlet sampai dalam 30 menit. Kita sudah coba, fail, 1-1,5 jam. Itu sudah pakai pengawal. Maka nanti akan diberlakukan ganjil genap," jelas Bambang.


Saat ini, aturan ganjil-genap berlaku di ruas Jalan Sudirman-Thamrin dan Jalan Gatot Subroto. Ganjil genap diterapkan setiap hari (kecuali Sabtu, Minggu dan tanggal merah), pada pukul 07.00-10.00 WIB dan 16.00-20.00 WIB.

Ganjil-genap kini diperluas hingga ke ruas tol, seperti Tol Jakarta-Cikampek, Tol Cibubur 2 dan Tol Tangerang. Ganjil-genap dilakukan untuk mengurangi volume kendaraan di Ibu Kota. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed