Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 10 Mei 2018 14:55 WIB

Harga Jengkol Rp 50.000/Kg, Bisa Naik Jelang Puasa?

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Meski tak tergolong kebutuhan pokok, jengkol termasuk yang banyak dicari. Lantas, apakah harganya akan naik jelang Ramadan?

Pedagang sayuran, Nana, mengatakan saat ini harga jengkol masih stabil. Dia menjual jengkol dengan kualitas bagus Rp 52 ribu per kg. Sementara yang kualitas biasa Rp 40 ribu per kg.

"Yang bagus Rp 52 ribu per kg. Yang biasa Rp 40 ribu per kg," katanya saat berbincang dengan detikFinance di Pasar Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (10/5/2018).


Dia mengatakan kenaikan harga jengkol biasanya terjadi saat Lebaran. Kenaikannya ditaksir signifikan dibandingkan harga normal.

"Kalau Lebaran tinggi, bisa Rp 65-70 ribu per kg yang kualitas biasa. Yang bagus beda tipis lah, Rp 75-80 ribu per kg biasanya sih," ujarnya.


Pedagang lain, Simanjuntak, mengatakan jelang Ramadan hingga Lebaran, harga jengkol belum tentu bakal selalu naik. Hal itu tergantung ketersediaan stok. Jika stok banyak maka harga bisa turun.

"Belum tentu naik. Bisa naik, bisa turun. Kalau naik karena barangnya langka. Kalau banyak barangnya ya murah," ujarnya.

Saat ini dirinya menjual jengkol di harga Rp 40 ribu per kg untuk kualitas bagus. Sementara jengkol dengan kualitas biasa Rp 30 ribu per kg.

"Yang bagus Rp 40 ribu per kg. Kalau yang biasa Rp 30 ribu per kg. Itu belum ada kenaikan. Sekarang stoknya lagi banyak," tambahnya. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
CNN ID
×
Layar Pemilu Terpercaya
Layar Pemilu Terpercaya Selengkapnya