Follow detikFinance
Kamis, 10 Mei 2018 16:32 WIB

Mau Naik Kereta Jakarta-Bandung Cuma Rp 14 Ribu? Begini Caranya

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Rinto Heksantoro/detikcom Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Jakarta - Perjalanan dari Jakarta menuju Bandung bisa menggunakan berbagai pilihan moda transportasi. Salah satunya menggunakan kereta api.

Berdasarkan situs resmi KAI, harga tiket kereta rute Jakarta dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Bandung menggunakan Argo Parahyangan dibanderol mulai dari Rp 80 ribu hingga sekitar Rp 100 ribuan. Perjalanan ditempuh dalam waktu tiga jam.

Namun, banyak yang belum tahu bahwa perjalanan dari Jakarta menuju Bandung dengan kereta api bisa hanya sebesar Rp 14 ribu. Bagaimana caranya?

Pertama-tama perlu dicatat, bahwa tarif tiket kereta murah ini bisa didapat menggunakan kereta ekonomi lokal. Penumpang, perlu melakukan transit sebanyak satu kali dari Jakarta menuju Bandung.


Penumpang bisa menggunakan kereta pertama Walahar Express dari Tanjung Priok menuju Purwakarta. Tiket kereta tersebut dibanderol dengan harga Rp 6.500.

Tiba di Stasiun Purwakarta, kemudian penumpang bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Bandung menggunakan Kereta Cibatuan. Tiket kereta ini dibanderol dengan tarif Rp 8 ribu.

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia Agus Komarudin mengatakan bahwa rute kereta murah dari Jakarta hingga Bandung ini merupakan alternatif bagi masyarakat. Dengan begitu, total tarif kereta dari Jakarta menuju Bandung hanya sebesar Rp 14 ribu.

"Ini jadi alternatif, masyarakat bisa menyesuaikan sesuai kebutuhannya, untuk jurusan Bandung-Jakarta selain KA Argo Parahyangan," kata Agus kepada detikFinance, Kamis (10/5/2018).

Kereta ini bakal berhenti di semua stasiun antara Purwakarta hingga Cibatu, termasuk Padalarang, Cimahi, Bandung dan Kiara Condong. Penumpang bisa bebas memilih untuk berhenti di stasiun-stasiun tersebut.



(fdl/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed