Follow detikFinance
Jumat, 11 Mei 2018 12:31 WIB

Gunung Merapi Meletus, Bulog Siapkan Beras untuk Bencana Alam

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Beras Bulog/Foto: Grandyos Zafna. Beras Bulog/Foto: Grandyos Zafna.
Jakarta - Perum Bulog mengantisipasi dampak Letusan Gunung Merapi dengan menyiapkan beras khusus bencana alam. Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog Karyawan Gunarso mengatakan, selain menangani stabilisasi harga, Bulog juga menyediakan beras untuk bencana alam.

"Bulog salah satu fungsi pemanfaatan cadangan beras pemerintah salah satunya untuk bencana alam dan kondisi darurat," kata Gunarso dalam acara Forum Merdeka Barat (FMB) 9, Jakarta, Jumat (11/5/2018).

"Kebijakannya untuk provinsi masing-masing memiliki pagu satu tahun 200 ton, untuk kabupaten masing-masing 100 ton," sambung Gunarso.

Dia mengatakan, jika alokasi tersebut kurang, maka pemerintah daerah bisa mengajukan tambahan ke Kementerian Sosial (Kemensos).

"Bila pagu itu kurang pemanfataannya masing-masing kabupaten provinsi boleh mengajukan tambahan ke Kemensos," ungkapnya.

"Jadi bagi Bulog untuk kasus seperti ini, kami melakukan kegiatan menggunakan penyaluran cadangan beras pemerintah kepentingannya bencana alam dan kondisi darurat," tutur Gunarso. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed