Follow detikFinance
Jumat, 11 Mei 2018 12:43 WIB

Ada Erupsi Merapi, BRI Pastikan Layanan Tetap Jalan

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: ANTARA FOTO Foto: ANTARA FOTO
Jakarta - Hari ini Gunung Merapi di Magelang mengalami erupsi freatik dan mengeluarkan asap tebal. Menanggapi hal tersebut PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) memastikan layanan perbankan BRI mulai dari kas hingga kliring tetap berjalan normal seperti biasa.

Corporate Secretary BRI Bambang Tribaroto menjelaskan saat ini belum ada unit kerja BRI yang terdampak dari erupsi Gunung Merapi.

"Nasabah tetap bisa melakukan transaksi perbankan seperti biasa di unit kerja BRI terdekat," kata Bambang saat dihubungi detikFinance, Jumat (11/5/2018).

Selain layanan di unit kerja, jaringan ATM BRI juga tidak terganggu erupsi tersebut. Bambang menjelaskan saat ini BRI juga terus melakukan pemantauan terhadap erupsi tersebut.



Kementerian ESDM menyebutkan Gunung Merapi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengeluarkan letusan freatik pagi ini Jumat (11/5) pada pukul 07.40 WIB dengan durasi kegempaan 5 menit. Letusan freatik merupakan erupsi yang didominasi uap air, disebabkan karena adanya kontak air dengan panas di bawah kawah Gunung Merapi.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kasbani menyampaikan bahwa letusan adalah letusan freatik yang tidak berbahaya.

"Letusan berlangsung tiba-tiba. Jenis letusan ini tidak berbahaya dan dapat terjadi kapan saja pada gunung api aktif," ujarnya.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed