Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 12 Mei 2018 11:30 WIB

Ini Penampakan Gerai Umat Mart yang akan Diresmikan Jokowi

Hendra Kusuma - detikFinance
Gerai Umat Mart di Pasuruan-Jatim/Foto: Hendra Kusuma/detikFinance Gerai Umat Mart di Pasuruan-Jatim/Foto: Hendra Kusuma/detikFinance
Pasuruan - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Sabtu (12/5/2018) akan meresmikan ritel Umat Mart (Ummart) yang digagas Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi). Lokasi peresmian di pesantren Byat al Hikmah Pasuruan, Jawa Timur.

Gerai Umat Mart yang diresmikan ini adalah 1 dari 10 yang diresmikan bersamaan. detikFinance pun mengambil kesempatan terlebih dahulu untuk mengintip Ummart yang akan diresmikan orang nomor satu di Indonesia itu.

Gerai Umat Mart di Pasuruan yang akan diresmikan Presiden JokowiGerai Umat Mart di Pasuruan yang akan diresmikan Presiden Jokowi Foto: Hendra Kusuma/detikFinance

Dilihat Ummart sama seperti dengan toko ritel moden pada umumnya. Hanya saja tampilan depannya berkelir hijau tosca dengan dominasi warna putih. Toko yang memiliki luas sekitar 10x10 meter ini pun menjual berbagai kebutuhan seperti makanan sampai kebutuhan sehari-hari.


Yang menjadi pembeda adalah terdapat produk makanan dan minuman kemasan yang berasal dari UKM di Pasuruan. Fasilitas di dalam toko pun terdapat kasir dan ruang pegawai sekaligus gudang logistik.

Produk makanan dan minuman di Umat MartAneka produk yang dijual Umat Mart Foto: Hendra Kusuma/detikFinance

detikFinance juga melihat langsung di dalam toko sudah ada papan prasasti untuk ditandatangani Presiden Jokowi. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga akan meresmikan sembilan Ummart melalui video conference.


Prasasti peresmian untuk ditandatangani Presiden JokowiPrasasti peresmian untuk ditandatangani Presiden Jokowi Foto: Hendra Kusuma/detikFinance

10 pondok pesantren yang akan diresmikan secara bersamaan adalah Pondok Pesantren Salafiya Pasuruan, Pondok Pesantren Mabdiyul Ihsan, Pondok Pesantren Zaiunl Hasan Geng gong, Pondok Pesantren Hati Rangkang Kraksaan, Pondok Pesantren Al Falah Poso Kediri, Pondok Pesantren Minhajut Thullab Brasan Muncar Banyuwangi, Pondok Pesantren Minhajut Thullab Banyuwangi, Manbaul Maarif Denanyar Jombang, Pondok Pesantren Nurul Hikmah Malang dan Pondok Pesantren Byat al Hikmah Pasuruan.

Sebagai informasi sebelumnya ide ini telah disambut baik oleh Jokowi dengan memberikan arahan kepada Kementerian Perdagangan (Kemendag) Hipmi dan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) dalam pembangunan ritel modern di pesantren.



Inilah video Umat Mart yang akan diresmikan Jokowi:

[Gambas:Video 20detik]

(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com