Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 12 Mei 2018 17:03 WIB

Pakai Sarung, Jas, dan Peci, Jokowi Resmikan Umat Mart

Hendra Kusuma - detikFinance
Presiden Jokowi resmikan Umat Mart di Pasuruan/Foto: Hendra Kusuma/detikFinance Presiden Jokowi resmikan Umat Mart di Pasuruan/Foto: Hendra Kusuma/detikFinance
Pasuruan - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan 10 toko ritel Umat Mart (Ummart) yang digagas Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi). Lokasi peresmian di Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah Pasuruan, Jawa Timur.

Jokowi tiba pukul 14.23 WIB di Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah Pasuruan, Jawa Timur. Turut mendampingi Ibu Iriana Jokowi, dan beberapa menteri kabinet kerja seperti Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menseskab Pramono Anung.

Jokowi meresmikan 1 gerai Umat Mart di Pesantren Bayt Al-Hikmah, dan 9 gerai lainnya lewat video conference.



"Saya ingin sampaikan penghargaan, apresiasi yang tinggi kepada Hipmi, khususnya Hipmi Jawa Timur yang telah memulai masuk ke pondok pesantren dengan pesantrenpreneur dan umatnya," kata Jokowi dalam sambutannya di Pesantren Bayt Al-Hikmah Pasuruan, Jawa Timur, Sabtu (12/5/2018).

Jokowi bilang, program pesantrenpreneur dan Umat Mart (ummart) bisa menjadi modal bagi para santri menjadi pelaku usaha.

"Ini program ekonomi, ide seperti ini harus kita dorong," ujar dia.

Jokowi berharap Hipmi pun bisa merealisasikan seluruh program pesantrenpreneur dan Ummart di semua pondok pesantren yang jumlahnya sekitar 30.000.


Selain itu, pengembangan program yang digagas Hipmi ini juga harua sejalan dengan bank wakaf mikro yang digagas pemerintah di pesantren-pesantren.

"Sehingga pesantren menjadi kekuatan ekonomi bangsa ini, dengan mengucap bismillah saya resmikan pesantrenpreneur dan Ummart," ujar Jokowi.


Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga meresmikan meresmikan Umat Mart di 9 pondk pesantren lainnya melalui video conference. Sembilan pondok pesantren itu adalah pondok pesantren yang akan diresmikan secara bersamaan adalah Pondok Pesantren Salafiya Pasuruan, Pondok Pesantren Mabdiyul Ihsan, Pondok Pesantren Zaiunl Hasan Geng gong, Pondok Pesantren Hati Rangkang Kraksaan.

Selain itu, Pondok Pesantren Al Falah Poso Kediri, Pondok Pesantren Minhajut Thullab Brasan Muncar Banyuwangi, Pondok Pesantren Minhajut Thullab Banyuwangi, Manbaul Maarif Denanyar Jombang, Pondok Pesantren Nurul Hikmah Malang.


Bagaimana rupa Umat Mart yang diresmikan Jokowi? Tonton videonya:

[Gambas:Video 20detik]

(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com