Follow detikFinance
Selasa, 15 Mei 2018 12:38 WIB

JK Ingin Kemayoran-Senayan Tembus 34 Menit Saat Asian Games

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyoroti masalah transportasi dalam gelaran Asian Games 2018. Menurut JK, waktu tempuh dari Wisma Atlet Kemayoran hingga Senayan mesti dipangkas.

JK mengatakan, Asian Games akan mendatangkan 15 ribu orang, baik atlet maupun official. JK mengatakan, diperlukan transportasi dan tata kelola yang baik sehingga 15 ribu orang ini bisa sampai ke tempat tujuan dengan tepat waktu.

"Soal transportasi, bagaimana mengangkat atau mentransportasikan 15 orang ribu per hari dengan tepat waktu. Tapi saya yakin bahwa ini bisa kita capai," kata dia dalam acara Global Forum Asian Games 2018 di Jakarta, Selasa (15/5/2018).

JK mengatakan, standar Olimpyic Council of Asia (OCA) dari Kemayoran hingga Senayan ialah 34 menit. Namun, dari penelusuran JK, waktu tempuhnya masih 43 menit.

"Aturan OCA kita harus 34 menit paling lama. Saya tadi coba cari di Waze berapa lama diperlukan dari Kemayoran ke Senayan itu ternyata 13 km. Pada pagi ini kemacetan pagi ini dibutuhkan 43 menit kalau tanpa upaya," jelasnya.



Sebab itu, dia mengatakan, perlu upaya untuk memangkas waktu dari 43 menit menjadi 34 menit.

"Artinya Pak Polisi, Anda butuh setidak-tidaknya mengurangi 15 menit, mempercepat 15 menit dalam keadaan normal," ujarnya.

"Jadi DKI pengaturan traffic management yang baik dari 43 menit menjadi 34 menit," sambungnya.

Jika mengatakan, jika waktu tempuh ini tidak diatasi akan mengganggu gelaran Asian Games. Apalagi, banyak cabang olahraga dan permainan dalam acara itu.

"Karena apabila tidak, semua program bisa kacau, karena di Senayan ada 40 cabang olahraga, 463 game-nya," tutupnya.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed