Follow detikFinance
Rabu, 16 Mei 2018 19:05 WIB

Satgas Pangan: Kami Warning Pengusaha Jangan Mainkan Harga!

Audrey Santoso - detikFinance
Ketua Satgas Pangan Irjen Setyo Wasisto/Foto: Grandyos Zafna Ketua Satgas Pangan Irjen Setyo Wasisto/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Satgas pangan Polri menggelar pertemuan dengan Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perhubungan, Bulog, dan BPOM. Materi pertemuan ini membahas pengamanan harga dan distribusi bahan pangan selama Ramadan.

Ketua satgas pangan, Irjen Setyo Wasisto mengatakan pemerintah bersama satgas pangan memastikan pasokan bahan pangan selama bulan puasa lancar, sehingga tak ada lonjakan harga. Selain itu satgas pangan mengimbau jangan ada yang menimbun maupun memainkan harga.


"Kami memberikan warning ke pengusaha di manapun berada jangan bermain, permainkan harga, mark up harga setinggi-tingginya," ujar Setyo di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (16/5/2018).

Menurut Setyo, satgas pangan daerah sudah diminta lebih aktif mengecek harga maupun pasokan pangan di pasar. Pengecekan juga berlaku di tempat-tempat yang biasa dipakai pedagang menyimpan stok bahan pangan.


Langkah ini diambil untuk mencegah penimbunan, cuma caranya nanti lebih persuasif agar tak menimbulkan kegaduhan.

"Saya minta satgas daerah lebih aktif turun ke pasar dan yang diduga gudang-gudang pangan dengan cara yang elegan, soft approach, tidak menakuti. Kalau ada pelanggaran, kami akan lihat pelanggarannya sejauh apa karena kami tidak mau penindakan menimbulkan kegaduhan," tutur Setyo.

(hns/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed