Follow detikFinance
Rabu, 16 Mei 2018 20:16 WIB

Sistem Perizinan Online Terintegrasi Dirilis Sebelum 20 Mei

Hendra Kusuma - detikFinance
Menko Perekonomian Darmin Nasution/Foto: Hasan Al Habshy Menko Perekonomian Darmin Nasution/Foto: Hasan Al Habshy
Jakarta - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan peluncuran sistem perizinan terintegrasi atau online single submission (OSS) dalam waktu dekat. Targetnya sistem itu akan diluncurkan sebelum 20 Mei.

Sistem perizinan ini dibahas dalam sidang kabinet paripurna yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (16/5/2018)

"Coba dicek, siap atau nggak nanti saya launching. Sebelum 20 Mei siap," kata Darmin di Komplek Istana, Jakarta, Rabu (16/5/2018).

Landasan hukum yang diambil pemerintah untuk melaksanakan program tersebut adalah Peraturan Pemerintah (PP). Dia juga menyebut sudah 422 atau 82% dari 514 kabupaten/kota yang membentuk satgas percepatan proses perizinan.

Darmin menjelaskan, satgas di daerah akan dipimpin oleh sekertaris daerah, sedangkan di pusat akan dipimpin oleh sekjen masing-masing kementerian/lembaga.

"Kalau ada hambatan, yang bergerak satgas menanyakan apa masalah dan jalan keluarnya. Ini tidak lagi pengusaha pergi ke sana kemari ngurus izin, ini di OSS aja. Kami yakin investasi bisa berjalan," ujar dia.

Bagi daerah yang belum membentuk satgas, kata Darmin akan dikenakan sanksi seperti disinsentif. Sanksi tersebut masih dirumuskan Kementerian Dalam Negeri.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengatakan pihaknya tengah memproses penerbitan PP online single submission.

"Dalam waktu segera, tadi sudah rapat terakhir," kata Yasonna. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed