Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 18 Mei 2018 17:02 WIB

Diskon Tarif Tol untuk Pecah Puncak Arus Mudik Lebaran

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Wisma Putra Foto: Wisma Putra
FOKUS BERITA Diskon Tarif Tol Mudik
Jakarta - Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) telah sepakat untuk memberi diskon saat mudik Lebaran 2018. BUJT sepakat memberikan diskon rata-rata sebesar 10% saat mudik nanti.

Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setiadi Kementerian PUPR mengatakan pemberian diskon itu diharapkan dapat mengurai kepadatan mudik. Caranya, dengan membagi waktu diskon di luar puncak kemacetan.

"Kalau tol yang sudah penuh akan menimbulkan kemacetan, pemberian diskon ini supaya membagi arus lalu lintasnya, biar tidak satu titik (kemacetan)," kata Arie di Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (18/5/2018).



Untuk saat ini sendiri, pihak BUJT masih belum menentukan waktu pemberian diskon tersebut. Arie memperkirakan bahwa BUJT akan memberikan diskon tarif yang lebih besar untuk ruas tol yang tak padat.

"Jadi berbeda-beda tiap BUJT (beri diskon). kemungkinan diberikan saat peak days. Tapi ada yang mau memberikan (diskon) lebih panjang lagi, di antara seminggu sebelum Lebaran dan sesudah," tegasnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala BPTJ Herry T.Z mengatakan pihaknya masih terus membahas mekanisme pemberian diskon ini dengan BUJT. Dia memperkirakan pekan depan sudah ada hasil dari pembahasan diskon ini.

"Ini inisiatif dari BUJT, sekarang ini BUJT dan asosiasi berdiskusi soal besaran, mekanisme penerapan. Diharapkan minggu depan asosiasi mengumumkan besaran diskon tersebut," papar Herry.

(fdl/eds)
FOKUS BERITA Diskon Tarif Tol Mudik
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com