Garuda Indonesia Buka Rute Makassar-Madinah

Ibnu Munsir - detikFinance
Jumat, 18 Mei 2018 18:58 WIB
Foto: Ibnu Munsir
Makassar - Pada awal bulan Ramadhan, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Branch Office Makassar meresmikan penerbangan perdana Makassar - Madinah PP yang akan beroperasi pada tanggal 21 Mei 2018. Peresmian ini dilaksanakan bersama dengan acara buka puasa bersama mitra dan Panti Asuhan Al-Nur.

"Dilaksanakannya acara ini merupakan salah satu bentuk syukur agar penerbangan perdana tersebut nantinya akan berjalan dengan lancar. Penerbangan perdana ini kami harapkan dapat memberikan kemudahan bagi umat Muslim Indonesia untuk melaksanakan perjalanan ibadah ke Tanah Suci, terutama kota Madinah, di mana para jamaah dapat menghemat waktu dan tidak lagi membutuhkan transportasi darat dari Jeddah menuju Madinah," kata VP Sulawesi, Kalimantan, dan Papua Region PT Garuda Indonesia (Persero) Tb, I Wayan Supatrayasa, di Grand Clarion, Makassar Jumat (18/5/2018).

Lebih lanjut, I Wayan mengatakan penerbangan ini sebagai upaya pihak Garuda untuk pengembangan sektor pariwisata nasional. Selain karena ada jemaah yang akan ke tanah suci, Garuda juga akan mendatangkan wisatawan dari Arab.

"Salah satu upaya Garuda pada pariwsata nasional, tadi kami sudah bertemu dan berdiskusi dengan pelaku pariwisata. Kita ingin meningkatkan di samping ada jemaah yang akan ke tanah suci, Kami juga akan menggarap lebih serius untuk mendatangkan wisatawan dari Arab," jelasnya.

Sementara itu, Al Hamdi Global Wisata Tours and Travel, mengatakan kerja sama yang dijalin dengan pihak Garuda lantaran untuk memberikan pelayanan baik, fasilitas yang lengkap dengan tanpa masalah.

"Untuk Garuda, kerja sama sudah lama, yang utama fasilitasnya memang bagus, memadai, kemudian antara jemaah dan kru pesawat pramugari saling membantu," kata pembina, Al Hamdi Global Wisata Tours and Travel, Muhammad Al Haddad.

Penerbangan Makassar - Madinah ini beroperasi 1x seminggu pada hari Senin dengan jadwal keberangkatan dari Makassar pukul 12.20 siang dan akan tiba di Madinah pukul 20.20 waktu setempat, dengan menggunakan armada Airbus A330-300 berkapasitas 322 penumpang all economy class, yang dilengkapi dengan inflight entertainment yang akan memberikan kenyamanan dan hiburan bagi para penumpang selama perjalanan.

Acara ini diresmikan oleh Bapak Tb Irfan Farhan Fuadi VP Strategic Bisnis Unit Umroh dan Haji PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dan Bapak Kaswad Sartono Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh Sulawesi Selatan. (zlf/zlf)