Mengintip Sumber Kekayaan Keluarga Kerajaan Inggris

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Sabtu, 19 Mei 2018 12:48 WIB
Mengintip Sumber Kekayaan Keluarga Kerajaan Inggris
Foto: Dok. REUTERS/Phil Noble

Pangeran Charles dan istrinya Camilla, yang dikenal secara resmi sebagai The Prince of Wales dan The Duchess of Cornwall, menggantukan penghasilannya dari campuran uang publik dan swasta.

Lebih dari 90% pendapatan mereka berasal dari perkebunan swasta, Duchy of Cornwall, yang didirikan pada tahun 1337 untuk memberikan penghasilan kepada pewaris takhta. The Duchy of Cornwall memiliki dan mengoperasikan tanah di daerah pedesaan dan perkotaan, koleksi pulau dan cottage sewa di tempat-tempat seperti Wales dan Cornwall.

Pada tahun anggaran terbaru, pasangan itu menghasilkan £ 20,7 juta (US$ 28 juta) dari perkebunan. Kemudian pasangan ini juga menerima sekitar £ 1,3 juta (US$ 1,8 juta) dari Hibah Ratu dan mendapatkan £ 461.000 (US$ 627.000) dari berbagai departemen pemerintah Inggris.

Adapun penghasilan dari hibah kenegaraan itu digunakan untuk membayar biaya perjalanan dan properti resmi keduanya. Sementara penghasilan dari pemerintah digunakan untuk perjalanan dinas luar negeri dan gaji anggota militer yang melindungi keluarga.

Sekitar setengah dari pendapatan tahunan mereka dihabiskan untuk tugas-tugas resmi dan perjalanan, sementara seperempatnya untuk pajak. Dan Sisa £ 6,6 juta (US$ 8,9 juta) diberikan kepada anak-anak Charles, pembelian 'tidak resmi' dan rekening tabungan kerajaan.