Follow detikFinance
Sabtu, 19 Mei 2018 17:32 WIB

Mau Mudik Gratis Naik Kapal Laut? Begini Caranya

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Ilustrasi Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom Ilustrasi Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Jakarta - Jelang libur hari raya Idul Fitri 2018, PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III telah menyiapkan 14.000 tiket gratis pada masa mudik 2018. Jumlah ini meningkat lebih dari dua kali lipat dibanding tahun lalu yang tercatat sekitar 6.000 penumpang.

Sebanyak 14.000 tiket gratis tersebut akan diberikan kepada 1.700 pemudik pengguna kapal laut yang berangkat melalui Pelabuhan Kumai atau Pelabuhan Sampit dan dengan tujuan Semarang maupun Surabaya.

Sementara, 12.300 lainnya didistribusikan kepada penumpang kapal laut yang tiba di Pelabuhan Tanjung Perak maupun Pelabuhan Tanjung Emas dan hendak meneruskan perjalanannya menggunakan bus ke sejumlah kota di Jawa Timur maupun Jawa Tengah.

"Kami menyediakan 260 trip mudik gratis melalui bus. Rinciannya adalah 150 trip diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Perak dan 110 trip dari Pelabuhan Tanjung Emas," kata Corporate Secretary Pelindo III Faruq Hidayat dalam keterangannya, Jakarta, Sabtu (19/5/2018).


Hingga hari Kamis (17/5) lalu, Pelindo III telah menerima 1.540 pendaftar mudik gratis menggunakan kapal laut. Untuk peserta mudik gratis menggunakan bis, Pelindo III telah menjaring sebanyak 1.514 pemudik. Artinya, kuota penumpang bus masih tersedia cukup banyak.

Pendaftaran program mudik gratis dimulai dari tanggal 2 Mei 2018 sampai dengan tanggal 12 Juni 2018. Setelah melakukan pendaftaran, peserta mudik gratis dapat melakukan validasi pendaftaran di posko mudik gratis di pelabuhan asal untuk mendapatkan tiket kapal Pelni dan voucher moda bus.

Sementara bagi penumpang kapal laut yang berangkat dari kota selain Kumai dan Sampit, dapat melakukan pendaftaran maupun validasi di Pelabuhan Tanjung Emas dan Pelabuhan Tanjung Perak.

Kendati berlangsung sejak tanggal 1 Juni sampai dengan 12 Juni 2018, Pelindo III tetap menyediakan layanan bis gratis di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya bagi penumpang kapal laut KM Kelimutu yang diperkirakan tiba pada tanggal 13 Juni 2018. Pasalnya, armada kapal milik Pelni tersebut baru meninggalkan Pelabuhan Sampit pada tanggal 12 Juni 2018.


Keterangan terkait tata cara pendaftaran, para penumpang kapal laut dapat melakukan pendaftaran secara online melalui http://mudik.pelindo.co.id. atau dapat mengunjungi posko mudik gratis Pelindo III secara langsung di pelabuhan asal, yaitu Pelabuhan Kumai dan Pelabuhan Sampit.

Calon peserta mudik gratis cukup membawa dan menunjukkan KTP dan fotokopi Kartu Keluarga yang masih berlaku kepada petugas. Informasi yang tertera pada kartu identitas tersebut harus sesuai dengan identitas yang tertera pada tiket kapal laut.

Untuk keterangan lebih lanjut, Pelindo III menyediakan contact center di nomor 081358858889. Masyarakat dapat menghubungi langsung via telepon, layanan pesan singkat (SMS), serta layanan aplikasi WhatsApp. (fdl/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed