Serba-serbi Pembiayaan Pernikahan Pangeran Harry-Meghan

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Minggu, 20 Mei 2018 04:17 WIB
Serba-serbi Pembiayaan Pernikahan Pangeran Harry-Meghan
Foto: Pool (Youtube)

Tingginya biaya pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle yang bisa mencapai jutaan pounsterling itu kadang menimbulkan pertanyaan baru, 'siapa sih yang membiayainya?'.

Hal ini sebetulnya merupakan masalah sensitif untuk kawasan Britania Raya. Itu lantaran pembayar pajak yang pada akhirnya akan menanggung banyak biaya, khususnya untuk dalam pengamanan pernikahan.

Dari sisi pengamanan, pihak kepolisian bertanggung jawab untuk mengawasi acara, yang berarti membayar para petugas yang bertugas.

Sebagai gambaran, keamanan pada pernikahan kerajaan terakhir pada tahun 2011 antara Pangeran William dan Kate Middleton menghabiskan hampir £ 6,4 juta (US$ 8,7 juta), menurut Press Association. Termasuk di dalamnya adalah £ 3,6 juta (US$ 4,9 juta) untuk membayar uang lembur untuk polisi, tagihan pemerintah Inggris akhirnya membayar.

Sementara untuk sarana dan prasarana, pemerintah kota setempat juga harus mengeluarkan dana sebesar £ 2,6 juta (U$ 3,5 juta) untuk memastikan kota terlihat terbaik pada hari besar.

Uang itu akan dihabiskan untuk membersihkan kawasan kota, patung-patung, memperbaiki jalan berlubang dan lainnya.

Sementara untuk biaya pernikahan, keluarga kerajaan akan membayar tagihan, seperti yang terjadi ketika William dan Kate menikah.

"Keluarga kerajaan akan membayar untuk hal-hal inti dari pernikahan, seperti layanan gereja, musik, bunga, dekorasi, dan resepsi," kata pihak Istana dalam sebuah pernyataan.

Keluarga akan menekan biaya dengan mengadakan upacara dan resepsi di dalam area kerajaan dan di sekitar Kastil Windsor. Lokasi tersebut merupakan bagian dari banyak rumah kerajaan kerajaan, yang berarti tidak akan ada biaya sewa.