Follow detikFinance
Senin, 21 Mei 2018 13:56 WIB

Layani Penukaran Uang, BI Jateng Siapkan Rp 23 T

Angling Adhitya Purbaya - detikFinance
Foto: Angling Aditya Purbaya-detikFinance Foto: Angling Aditya Purbaya-detikFinance
Semarang - Menjelang Lebaran, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Jawa Tengah menyediakan uang tunai Rp 23,2 triliun untuk penukaran uang.
Hari ini layanan penukaran dibuka di Jawa Tengah dan diresmikan di Gor Trilomba Juang Semarang. Kepala KPwBI Jateng, Hamid Ponco Wibowo mengatakan uang tunai sebanyak Rp 23,2 triliun disiapkan untuk seluruh wilayah Jateng.
"Tahun ini disediakan Rp 23,2 triliun. Untuk Kota Semarang disediakan Rp 9,6 triliun. Diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat saat Lebaran," kata Ponco, di Trilomba Juang, Semarang, Senin (21/5/2018).
Untuk penukaran bisa dilakukan di layanan mobile yang dibuka di Trilomba Juang hingga hari Kamis (24/5) mendatang. Selain itu bisa dilakukan di kantor perbankan hingga 7 Juni 2018 selama hari Senin sampai Kamis.
KPwBI Provinsi Jawa Tengah juga menyediakan layanan penukaran di rest area tol Ungaran menggunakan 2 mobil kas keliling pada tanggal 5 sampai 7 Juni 2018 dengan jam layanan pukul 09.00 sampai 12.00 WIB.
Dengan penukaran di perbankan, lanjut Ponco, masyarakat diimbau tidak menukarkan uang di luar itu karena beresiko baik jumlahnya yang tidak sesuai atau akan memperoleh uang palsu.
"Kami imbau agar tukar di lembaga keuangan, jangan ke tempat lain," tandasnya.
Untuk diketahui, berdasar data tahun 2017, penarikan uang oleh perbankan di Jawa Tengah mencapai 20,28 triliun dan penukaran uang selama periode Lebaran saat itu didominasi pecahan Rp 20 ribu, Rp 10 ribu, dan Rp 5.000.


(alg/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed