Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 22 Mei 2018 18:22 WIB

Belanja Pegawai dan Barang KemenPAN RB Kini Pakai Kartu Kredit

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Fadhly Fauzi Rachman-detikFinance Foto: Fadhly Fauzi Rachman-detikFinance
Jakarta - Kementerian PAN-RB bekerja sama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) dalam meluncurkan Corporate Card atau BRI Card. BRI Card tersebut berfungsi sebagai pengganti uang belanja pegawai lingkungan Kementerian PAN-RB.

Kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan perjanjian antara kedua belah pihak yang dilakukan oleh Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji dengan Direktur Hubungan Kelembagaan Bank BRI Sis Apik Wijayanto di kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Selasa (22/5/2018).

Penandatanganan kerja sama disaksikan oleh Menteri PANRB Asman Abnur dan Direktur Utama Bank BRI Suprajarto. Dengan ditandatanganinya kerjasama tersebut, Asman berharap kedua belah pihak bisa lebih bersinergi, serta mendapatkan banyak manfaat.

"Zaman telah berubah, paradigma dalam menyelesaikan berbagai persoalan masa kini harus mengedepankan kolaborasi," kata Asman dalam sambutannya di lokasi.

Corporate Card merupakan salah satu jenis kartu kredit yang diterbitkan oleh BRI bekerja sama dengan Kementerian PANRB yang berfungsi mendukung pekerjaan yang dilaksanakan baik oleh para pejabat maupun pegawai.

Dengan adanya Corporate Card maka dapat memberikan kemudahan satuan kerja di lingkungan Kementerian PAN-RB dalam hal belanja barang operasional, belanja barang nonoperasional, belanja barang persediaan, belanja sewa, belanja pemeliharaan, dan/atau belanja barang perjalanan dinas seperti salah satunya pembelian tiket pesawat.

Sebab biasanya, untuk membeli tiket seorang pegawai harus menggunakan uangnya terlebih dahulu dan baru mendapat ganti beberapa minggu kemudian atau melalui sistem reimbursement. Dengan hadirnya Corporate Card ini, diharapkan persoalan itu bisa teratasi.

Pada kesempatan tersebut, Asman juga mengatakan bahwa sasaran reformasi birokrasi adalah mewujudkan birokrasi pemerintahan yang bersih dan akuntabel, yang efektif dan efisien, serta yang memiliki pelayanan publik yang berkualitas.

Untuk mewujudkan ketiga sasaran tersebut, salah satu kuncinya terletak pada sumber daya aparaturnya. Kementerian PAN-RB bersama sejumlah instansi pemerintah, terus berupaya meningkatkan kualifikasi, kompetensi dan kinerja SDM agar Aparatur Sipil Negara kelak benar-benar profesional, berintegritas, berdisiplin, berjiwa entrepreneurship, serta memiliki semangat melayani.

"Untuk mewujudkan semua itu, kami memandang tidak cukup hanya mengandalkan program rutin dan terobosan yang sifatnya konvensional semata. Saatnya kita memanfaatkan momentum bulan Ramadhan melalui ibadah puasanya sebagai program spiritual untuk mengevaluasi dan memperbaiki sikap mental dan jati diri ASN," tutur Asman. (fdl/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
CNN ID
×
Layar Pemilu Terpercaya
Layar Pemilu Terpercaya Selengkapnya