Follow detikFinance
Jumat, 25 Mei 2018 17:55 WIB

Sidak Pasar Pekanbaru, Satgas Pangan: Penimbun Sembako Dipidana

Chaidir Anwar Tanjung - detikFinance
Foto: Sylke Febrina Laucereno/detikFinance Foto: Sylke Febrina Laucereno/detikFinance
Pekanbaru - Satgas Pangan Provinsi Riau melaksanakan sidak di pasar induk di Pekanbaru dalam rangka pemantauan kebutuhan sembako. Menurut Ketua Satgas Pangan Riau, Kombes (Pol) Gidion Arif Setiawan, pelaku penimbunan sembako bakan disanksi tegas.

"Kepada para pelaku usaha untuk tidak melakukan penimbunan sembako, bila ada yang melakukan akan kita pidanakan. Kita tidak menakut-nakuti, tapi ini tegas kalau yang melanggar kita proses hukum," kata Ketua Satgas Pangan Riau, Kombes Gidion Arif Setiawan kepada wartawan di Pekanbaru, Jumat (25/5/2018).

Gidion menjelaskan, bahwa pihaknya bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Riau sudah terjun ke pasar induk di Pekanbaru. Sidak dilakukan tengah malam hingga waktu Jumat (25/5) dini hari.

"Dari sidak yang kita lakukan, sejauh ini stok sembako di Riau tergolong aman," kata Gidion yang juga menjabat Dir Reskrimsus Polda Riau itu.


Menurut Gidion kebutuhan sembako di Riau selama ini sangat tergantung pasokan dari provinsi tetangga. Sehingga kondisi tersebut sangat rentan apa bila terjadi bencana alam yang membuat jalan terputus.

"Untuk mengantisipasi hal itu, kita sudah berkoordinasi dengan Dinas PUPR Riau untuk selalu menyiapkan alat berat di titik-titik rawan longsor," kata Gidion.


Dia menambahkan, satgas pangan telah menggelar pertemuan dengan berbagai pihak termasuk pelaku usaha. Ini dilakukan untuk mengantisipasi jangan sampai terjadi kelangkaan sembako apa lagi sampai ada penimbunan.

"Kita sudah bertemu dengan pelaku usaha sembako, terutama gula, beras. Kita sudah sampaikan ke pelaku usaha, agar jangan ada yang menimbun sembako," kata Gidion. (cha/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed