Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 29 Mei 2018 17:20 WIB

Sambut Lebaran, Mal di Jakarta akan Beri Diskon hingga 50%

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Maikel Jefriando Foto: Maikel Jefriando
Jakarta - Pusat belanja atau mal di Jakarta akan memberikan potongan harga hingga 50% untuk menyambut Lebaran. Namun, waktu pelaksanaannya di serahkan ke masing-masing pusat belanja.

Ketua DPD Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta, Ellen Hidayat menerangkan, khusus tahun ini pusat belanja memberikan kegiatan potongan harga yang berbeda. Sebab, Festival Jakarta Great Sale (FJGS) tidak digelar sebelum Lebaran.

Hal itu disebabkan adanya gelaran akbar Asian Games. Oleh karena itu, FJGS digelar bebarengan dengan Asian Games.


Namun, pengelola pusat belanja tetap akan membuat kegiatan potongan harga atau diskon. Jadi, event diskon besar-besaran akan dilakukan 2 kali.

"Jakarta Great Sale biasanya memang saat dulunya dekat Lebaran, back to school. Tapi ini karena ada Asian Games akan diundur 12 Agustus sampai 4 September. Tapi semua pusat belanja, sesuai anjuran Pak Presiden dalam rangka Lebaran, Ramadan, back to school tetap mengadakan sale. Jadi salenya 2 kali sekarang," ujarnya kepada detikFinance di Jakarta, Senin (28/5/2018).

Dia menerangkan, biasanya pusat belanja akan memberikan potongan harga sampai 50%. Kemudian, untuk FJGS potongan harga akan lebih besar sampai 70%.

"Kalau diskon tetap hampir sama, kalau barang di-sale yang wajar itu 50% atau buy one get one itu barang-barang sudah masuk kategori sale. Tapi new arrival juga dikasih sale 10-20 %. Jadi biasanya retailer gitu, dan itu masih berlaku sampai sekarang, cuma waktu Jakarta Great Sale kita minta sampai 70%," ungkapnya.


Dia menambahkan, untuk pelaksanaan diskon Lebaran akan diserahkan ke masing-masing pusat belanja. Umumnya, kata dia, kegiatan berlangsung 2 sampai 3 minggu usai masyarakat menerima tunjangan hari raya (THR).

Ellen mengatakan, kegiatan diskon ini juga dilakukan pada malam hari atau dikenal dengan midnight sale.

"Ada umumnya melakukan itu sudah terima THR sampai Lebaran tambah seminggu, ada 3 minggu, ada 2 minggu. Ada yang midnight 2 malam, ada 1 malam tergantung segmen mereka," tutupnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com