RI-India Perkuat Kerja Sama Strategis Ekonomi

Hendra Kusuma - detikFinance
Rabu, 30 Mei 2018 11:46 WIB
Presiden Jokowi dan PM India Narendra Modi/Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi untuk mewujudkan kemitraan strategis komprehensif antara Indonesia-India.

Hal itu dikemukakan Jokowi pada saat pembukaan pertemuan bilateral antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah India di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

"Suatu kehormatan dapat menerima kunjungan pertama ini," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (30/5/2018).

Jokowi bilang, kunjungan PM India Narendra Modi dinilai tepat lantaran di tengah kondisi perekonomian global penuh ketidakpastian.


"Saya berharap kemitraan ini tetap dapat berkontribusi bagi stabilitas, bagi perdamaian, dan bagi kesejahteraan dunia," ungkap dia.

Jokowi mengungkapkan, pertemuan bilateral ini juga dapat menjadi awal antara kedua belah pihak untuk mewujudkan kemitraan strategis komprehensif.

"Sudah saatnya kita memiliki kemitraan strategis komprehensif, kemitraan strategis komprehensif ini harus diisi dengan kerja sama yang konkret, dan kerja sama yang konkret yang dapat diwujudkan. Dan mari kita sambut kemitraan strategis komprehensif ini dengan bekerja lebih keras, untuk terwujudnya hubungan yang terus saling menguntungkan," tutup dia.

Sebelumnya, Modi tiba di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, pukul 10.20 WIB. Begitu turun dari mobil, Modi bersalaman dengan Jokowi.


Lagu kebangsaan India Jana-Gana-Mana dan lagu kebangsaan Indonesia Raya pun dikumandangkan saat upacara penyambutan.

Jokowi dan Modi berjalan melewati pasukan upacara dan sempat menyalami anak-anak berpakaian adat dengan bendera Indonesia dan India.

Selanjutnya, Jokowi mengajak Modi berbincang di beranda Istana sebelum masuk pada acara bilateral di Istana Merdeka. (hns/hns)