Follow detikFinance
Kamis, 31 Mei 2018 11:50 WIB

Yuk Kenalan dengan Keluarga Terkaya Dunia, Hartanya Rp 2.450 T

Zulfi Suhendra - detikFinance
Foto: Keluaraga Walton/ Rick Wilking-Reuters Foto: Keluaraga Walton/ Rick Wilking-Reuters
FOKUS BERITA Keluarga Terkaya Dunia
Jakarta - Majalah The Sunday Times merilis daftar orang terkaya di dunia. Ternyata, Jeff Bezos dan Bill Gates bukanlah yang terkaya di dunia. Kekayaan mereka kalah dari keluarga Walton. Siapa mereka?

Keluarga Walton dikenal sebagai pendiri dari jariangan supermarket terbesar di dunia, khususnya di Amerika Serikat, Walmart. Sam Walton, mendirikan Walmart pertama di Arkansas pada 1962, seperti dikutip dari Business Insider, Kamis (31//5/2018).

Sejak saat itu dia terus mengembangkan bisnisnya dan membuka beberapa jaringan supermarket Walmart. Sam meninggal pada tahun 1992 dan bisnis dijalankan oleh anak-anaknya.


Menikah dengan Helen Ronson, Sam punya 4 anak: Rob, John, Jim dan Alice. Anak tertua, Samuel Robson Walton atau yang biasa dipanggil Rob Walton dipercaya memegang kendali perusahaan sampai tahun 2015.

Adik Rob, John Walton meninggal karena kecelakaan pesawat pada 2005 di umurnya yang ke 58 tahun. John menikah dengan Christy Walton dan punya seorang anak bernama Lukas. John meninggalkan 17% sahamnya ke istrinya dan sisanya diberikan untuk yayasan dan anaknya.

Kemudian Jim Walton, yang diperkirakan punya harta US$ 44 miliar. Dia adalah Direktur Arvest Bank, yang total asetnya mencapai US$ 16 miliar. Dia juga pernah menjabat ewan komisaris Walmart sebelum digantikan anaknya di 2016.


Sementara anak bungsu, yang merupakan anak wanita satu-satunya, Alice Walton tak ingin meneruskan bisnis ayahnya, meski punya saham di perusahaan. Alice yang punya kekayaan US$ 43,7 miliar lebih memilih untuk menggeluti hobinya di bidang seni.

Dia mendirikan galeri seni juga museum di 2011.

Menurut Sunday Times Rich List, kekayaan keluarga ini mencapai US$ 175 miliar atau setara Rp 2.450 triliun (Kurs Rp 14.000/US$).


Berikut video mengenai jajaran 10 orang terkaya di dunia versi Forbes pada tahun 2018:

[Gambas:Video 20detik]

(zlf/ang)
FOKUS BERITA Keluarga Terkaya Dunia
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed