Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 31 Mei 2018 16:14 WIB

Catat! Ini Daftar Tol yang Beri Diskon Tarif dan Jadwalnya

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Selfie Miftahul Jannah Foto: Selfie Miftahul Jannah
FOKUS BERITA Diskon Tarif Tol Mudik
Jakarta - Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sepakat memberi diskon tarif tol saat Lebaran mulai dari 10% hingga 28%. Diskon diberikan di tanggal-tanggal tertentu.

Pertama, diskon tarif tol diberlakukan pada 13-14 Juni dan 18-19 Juni 2018. Ruas yang didiskon tarifnya adalah ruas tol milik Jasa Marga di antaranya Cawang-Tomang-Pluit, Jakarta-Cikampek, Palimanan-Kanci, Semarang-Solo, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, Surabaya-Mojokerto dan Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi.

Selain ruas tol milik Jasa Marga, ada pula ruas tol BUJT lainnya seperti Tol Akses Tanjung Priok, Bakauheni-Terbanggi Besar, Palembang-Indralaya, dan Medan-Binjai.

Selanjutnya ruas tol Makassar Seksi IV, Ujung Pandang Tahap I dan II, JORR W1 (Kebon Jeruk-Ulujami), Cawang-Tanjung Priok-Jembatan Tiga/Pluit, Soreang-Pasirkoja, Kanci-Pejagan, dan Pejagan-Pemalang, serta Surabaya-Gresik.

"Diskon ada 3 macam. Pertama 13-14 Juni dan 18-19 Juni sebesar 10%," kata Sekjen Asosiasi Tol Indonesia Sunarto Sastrowiyoto di Kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jakarta, Kamis (31/5/2018).



Diskon juga ada di hari Lebaran, yakni mulai tanggal 15-17 Juni 2018. Berlaku di ruas tol Tangerang-Merak, Cikampek-Palimanan, dan Jombang-Kertosono. Terakhir pada 8-23 Juni 2018, diskon berlaku di ruas tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu.

"Untuk ruas yang dikelola Astra diskon 10% pada 15-17 Juni, jadi 3 hari. Waskita Toll Road diskon 28% untuk ruas Becakayu 8-23 Juni," ujarnya.

Dia menjelaskan diskon diberlakukan di tanggal-tanggal tersebut bertujuan untuk memecah distribusi kendaraan. Dengan demikian tidak terpusat di satu waktu saat arus mudik maupun balik.

"Ini kesepakatan BUJT, satu kalau temen cermati ini tidak diberikan saat momen puncak (arus kendaraan) dengan maksud agar lalulintas terdistribusi dengan baik," tambahnya.

(eds/eds)
FOKUS BERITA Diskon Tarif Tol Mudik
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com