Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 06 Jun 2018 12:55 WIB

Mau Lebaran, Pengusaha Rental Mobil Curhat Sepi Penyewa

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Achmad Dwi Afriyadi-detikFinance
Jakarta - Pengusaha penyewaan mobil atau rental mengeluhkan bisnisnya yang kini mulai surut, khususnya dalam menyambut Lebaran.

Salah seorang pemilik rental mobil, Tasikun mengatakan, biasanya menjelang lebaran, masyarakat banyak menyewa mobil untuk keperluan mudik. Namun kini, dia mengeluh sepi penyewa.
"Belum (habis) orang baru nanya-nanya saja, kan pertimbangannya mana-mana gitu," kata dia berbincang dengan detikFinance di tempat usahanya di bilangan Cililitan, Jakarta, Rabu (6/6/2018).


Tasikun mengaku, rentalnya NM Rental memiliki 10 mobil yang terdiri dari Avanza dan Innova. Saat ini, baru 2 mobil yang dipesan untuk keperluan mudik.

Sepinya penyewa tak terlepas dari fenomena taksi online. Perkembangan taksi online menurutnya membuat orang cenderung memiliki mobil sendiri. Sehingga, mereka tak lagi sewa mobil untuk mudik.

"Dulunya yang nggak punya mobil, sekarang bisa pakai sendiri," kata dia


Nurkip, pengelola rental lain juga mengeluhkan hal yang sama. Dia mengatakan, penyewaan mobil sudah tak selaris sebelumnya.

"Makanya banyak rental yang tutup, mobilnya dijualin," ujarnya.

Dia mengatakan, PT CUJ tempat dia bekerja hanya menyewakan 8 mobil. Sementara, yang sudah dipesan baru 2 mobil. Dia menambahkan, sebelumnya, PT CUJ memiliki 80 mobil untuk disewakan.



'Sepinya BisnisRental Mobil untuk Mudik Lebaran'

[Gambas:Video 20detik]

(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com