Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 06 Jun 2018 21:26 WIB

Bulog akan Modernisasi Gudang se-Indonesia Begini Caranya

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Gudnag Bulog/Foto: Agung Pambudhy Gudnag Bulog/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Perum Bulog akan merenovasi gudang-gudang pangan di seluruh tanah air. Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Bulog, Karyawan Gunarso, mengatakan renovasi itu sebagai bentuk modernisasi.

"Untuk lebih menguatkan infrastruktur kami akan melakukan modernisasi pergudangan Bulog dari sisi apa sih modernisasinya? Kita dulu punya jembatan timbang yang masih belum wajib jadi akan ada jembatan timbang yang terintegrasi dengan sistem IT kita," jelas Gunarso di kantor pusat Perum Bulog, Jakarta, Rabu (6/6/2018).


"Jadi begitu ada mobil keluar-masuk membawa komoditas maka itu akan tercatat automatically ke sistem kita sehingga akan mengurangi proses penimbangan-penimbangan manual yang mungkin kalau ke gudang ada timbangan kecil atau manual," sambungnya.

Selain itu, modernisasi dengan memasang belt conveyor untuk mobilisasi beras. Selama ini Bulog masih menggunakan tenaga manusia untuk mendistribusikan barang di dalam pabrik.


"Lalu gudang kita dilengkapi dengan belt conyevor untuk mempercepat dan efektif untuk mempercepat mobilisasi beras kan biasanya pakai manusia jadi dibantu akan lebih cepat. Lalu untuk menjaga kualitas ada turbine ventilator, lengkapi dengan forklift." jelasnya.

Sementara itu, untuk modernisasi tersebut Bulog menggunakan dana internal, namun pihaknya enggan menyebutkan jumlahnya.

"Ada anggaran dari Bulog sendiri. Tapi nanti lah," pungkasnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com