RI Bakal Ekspor Salak hingga Manggis ke Rusia

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Jumat, 08 Jun 2018 13:09 WIB
Foto: Ari Saputra
Jakarta - Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva ingin menjajaki impor buah-buahan dari Indonesia. Hal itu guna memperkuat kerja sama bilateral kedua negara.

Menurut Lyudmila selama ini pihaknya telah melakukan kerja sama perdagangan dengan Indonesia, yaitu mengimpor minyak kepala sawit atau crude palm oil (CPO).

"Kami sempat membahas terkait di bidang pertanian terhubung dengan dua negara Rusia-Indonesia memproduksi di bidang pertanian yang cukup besar. Kami beli minyak kelapa sawit dari Indonesia jadi memperkuat dan kedua negara cukup banyak," jelasnya di Kementerian Pertanian, Jakarta, Jumat (8/6/2018).

Lantas, pihaknya ingin menambah lagi produk buah-buahan dalam daftar impor tersebut khususnya untuk buah yang tumbuh di negara tropis.

"Tentu saja kami terbuka dan beli produk selain CPO, karet, kopi, kakao, dan kami terbuka buah Indonesia masuk pasar Rusia. Di sana buah tropis sesuai karena sejuk dan tentu harus sesuai dengan keamanan dan syaratnya," jelasnya.

Di tempat yang sama, Menteri Pertanian Amran Sulaiman memaparkan, buah-buahan yang ingin diimpor Rusia, yakni salak, nanas dan manggis.

"Dan kita akan kerjasama perkuat CPO kita dan juga mangosteen, salak kita akan ekspor ke Rusia alalu dubersnya setuju. Lalu membentuk working group ekspor salak, nanas, manggis," tutupnya. (zlf/zlf)